5 CIRI MARKETER

 

Oleh : Hadi Azis Pratama

Muslimpreneur, Marketer dan Penulis Buku

                  Dalam sebuah bisnis, salah satu ujung tombak posisi yang selalu dibutuhkan adalah seorang MARKETER (baca : termasuk SALES). Secanggih apapun produk perusahaan tersebut, jika tidak ada yang memasarkan keluar, maka produk tersebut tidak akan berguna sama sekali. Dalam era yang Super Disruptif sekarang ini, keberadaan seorang Marketer tentunya semakin dibutuhkan oleh perusahaan di bidang apapun. Karena, mati hidupnya sebuah perusahaan tergantung dari berjalan atau tidaknya Marketer di perusahaan tersebut.

                  Dan enaknya menjadi seorang Marketer, bagian inilah yang jika perusahaan tersebut sukses, orang inilah yang lebih besar mendapatkan penghasilan yang dia dapatkan dari bonus yang diberikan perusahaan, semakin tinggi revenue perusahaan, semakin besar penghasilan Marketer tersebut. Menarik kan jadi seorang Marketer? Tenang, saya akan jabarkan 5 ciri menjadi seorang Marketer hebat yang saya ambil dari berbagai sumber.

  1. Strategis-Visioner

                  Seorang Marketer haruslah memiliki ciri ini. Karena dia harus mampu melihat tren jauh ke depan dan memikirkan caranya bagaimana tren ke depan tersebut bisa dia taklukan. Jika seseorang tidak memiliki ciri ini, tentu perusahaan yang dia kembangkan sulit untuk tumbuh. Marketer-marketer hebat dunia, tentu memiliki banyak cara/strategi untuk mensukseskan bisnis/perusahaannya.

  1. Kreatif

                   Seorang Marketer haruslah memiliki ciri kreatif, di mana dia harus mampu berpikir kreatif terkait terobosan-terobosan di luar kebiasaan pada umumnya, yang mampu memberikan jalan keluar bagi melesatnya perusahaan. Semakain liar ide kreatifnya, semakin bagus bagi perkembangan perusahaannya. Tentunya ide kreatif yang ada haruslah mampu dieksekusi oleh semua lini dalam perusahaan tersebut. Kreativitas inilah yang membedakan ciri dia sebagai seorang Marketer, dibandingkan orang biasa dalam perusahaannya.

  1. Komunikatif

                    Seorang Marketer hebat haruslah mampu mengkomunikasikan gagasannya kepada orang di dalam timnya maupun dalam perusahaannya. Agar ide gagasannya tersebut mampu dijalankan oleh tim dalam perusahaannya. Sehingga dampak dari ide gagasannya akan segera dirasakan di dalam tubuh perusahaan.

  1. Analitik

                    Ciri berikutnya, seorang Marketer harus mampu menganalisis data-data yang dia dapatkan untuk mengembangkan perusahaan. Dalam era disruptif sekarang ini kemampuan mencari dan menyerap data dibutuhkan seorang Marketer untuk merancang strategi marketing yang berdampak bagi perusahaannya.

  1. Kepemimpinan

                    Setiap Marketer haruslah mampu memimpin dan mengarahkan orang-orang di dalam perusahaan untuk bersama-sama mengeksekusi ide dan strategi marketing yang dia buat dan ditetapkan oleh perusahaan. Semakin dia lihai memimpin timnya dalam mengeksekusi strategi yang ada, semakin mudah Marketer tersebut meraih target yang telah ditetapkan.

                    Untuk melengkapi ciri-ciri Marketer tadi tentunya harus sering kita gali dan kita latih agar semakin mudah kita implementasikan dalam pekerjaan kita sebagai seorang Marketer. Siap praktik menjadi Marketer hebat?? (HAP)

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top