7 TOPI PERAN KEAYAHAN

Beberapa waktu lalu seperti biasa saya mengisi forum bulanan khusus para ayah di Sekolah Alam An Naba yang dinamakan dengan Forum Fatherhood level lanjut. Di sekolah yang saya dan istri kelola ini memang kami tekankan program “sekolah” bagi orang tuanya, karena suksesnya Pendidikan di rumah jangan hanya anaknya saja yang belajar, orang tuanya pun harus belajar juga.

Dalam kesempatan sesi tersebut, saya menyampaikan materi yang pernah disampaikan di forum lain oleh Ajo Bendri, yaitu 7 Topi Peran Keayahan. Ternyata jadi ayah itu bukan hanya sebagai ayah biologis yang hanya selesai mendampingi proses kelahiran dan ayah donatur yang hanya memberikan nafkah materil berupa uang dan harta benda. Namun di balik peran dasar tadi ternyata ada peran-peran lainnya yang mesti ada di setiap diri para ayah, meskipun tidak harus semuanya rata dominan kuat. Ke-7 Topi Peran Keayahan itu adalah :

  1. Topi Peran Konselor

Dalam level peran ini, para ayah harus bisa menempatkan diri agar bisa menjadi tempat curhat dan konseling anak-anak kita. Cara agar anak kita mau mencurahkan masalahnya ke para ayah adalah harus banyak berlatih menggali pertanyaan kepada anak.

 

  1. Topi Peran Guru

Di sisi ayah berperan sebagai guru, maka para ayah haruslah menjadi gudangnya pengetahuan atas kaingin tahuan anak. Ayah jadi pribadi yang bisa dicontoh atas keteladanan baiknya. Buang jauh-jauh aktivitas negative yang nantinya malah akan ditiru oleh anak-anak kita.

 

  1. Topi Peran Pengasuh

Ayah adalah pemimpin bagi anaknya. Berbicara pemimpin dalam Islam, maka dia haruslah menjadi yang terdepan dalam melayani rakyatnya, dalam hal ini melayani dengan cara mengasuh anak-anaknya di rumah.

 

  1. Topi Peran Motivator

Ayah adalah orang yang lebih sering dan terdepan dalam hal semangat dan menyemangati anaknya. Ayah tidak boleh terlihat loyo dan mudah putus asa di hadapan anaknya. Karena ayah akan dilihat dan diteladani oleh anak, maka lebih baik tampilkan terus semangat dan optimism yang dapat “membakar” semangat putera-puteri kita.

 

  1. Topi Peran Entertainer

Ayah adalah seorang yang ditunggu “story telling-nya” oleh si anak. Ayahlah yang dijadikan pribadi yang dapat melucu dan menghibur para anak meskipun di balik punggung para ayah, banyak amanah dan tanggung jawab yang memerlukan perhatiannya.

 

  1. Topi Peran Promotpr/Ambassador

Dalam peran ini harusnya para ayahlah yang akan “merekomendasikan” potensi terbaik dan bermanfaat si anak kepada orang lain. Maka si anak pun akan terasah kekuatan terdalam dari dirinya.

 

7, Topi Peran Donor/Donatur

Dalam peran ini, sekup ayah hanya sampai pada orang tua haruslah terdepan dalam memberikan nafkah terbaik bagi keluarganya.

 

Demikian sedikit review tantang Topi Peran Ayah yang sudah seharusnya dimiliki oleh para ayah sehingga akan lebih siap dalam menghadapi tantangan akhir zaman yang mengincar putra-putri kita. Wallahu ‘alam bii showab. (HAP)

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top