adaptive

ADAPTIFKAN, LINCAHKAN DAN CEPATKAN BISNISMU

Seperti kita ketahui bersama bahwa pandemi covid 19 masih akan berlanjut di 2022. Jika kita tidak waspada, maka bukan tidak mungkin bisnis kita akan ikut jatuh bertumbangan. Bahkan beberapa pakar Kesehatan maupun makro ekonomi memprediksi kondisi selesai pandemic sekitar 2023. Meski nanti pandemi sudah hilang, pemulihan ekonomi tiap negara tentu memerlukan waktu. Ada beberapa pengamat yang bilang bahwa pemulihan ekonomi dalam negeri paling cepat sekitar dua tahun setelah pandemi ini berakhir. Tenang teman-teman semuanya, dalam menghadapi kelanjutan dari pandemi ini menurut analis bisnis dan ahli strategi, ada tiga hal penting yang harus ditanamkan dalam bisnisnya. Apa saja itu? Yuk kita lanjut.

  1. Adaptif

Di era penuh tantangan disrupsi sekarang ini, di mana disrupsi meliputi digital, perilaku konsumen millennials dan pandemi itu sendiri menuntut para pelaku bisnis harus siap beradaptasi dalam kondisi sekarang. Jika nekad dan merasa nyaman dengan kondisi sekarang, maka siap-siap saja bisnismu akan punah tergilas perubahan zaman. Pergunakan akal dan indera kita untuk terus mengamati keadaan sekitar sehingga kita tidak terlambat untuk beradaptasi.

  1. Lincah

Menanggapi kondisi pandemi yang diperkirakan usai satu atau dua tahun ke depan, kelincahan organisasi (agility) adalah kemutlakan yang harus ada di dalam pola pikir tim yang terlibat. Lincah dalam bergerak mengikuti perubahan faktor eksternal hingga perubahan perilaku konsumen, mau tidak mau menuntut kita agar lincah dan luwes dalam bergerak menghadapi tantangan yang siap menghadang.

  1. Cepat

Kunci utama berikutnya setelah menetapkan konsep strategi yang tidak kalah penting adalah cepat mengeksekusi. Banyak sekali para ahli wacana yang hanya mendiskusikan idenya di dalam ruangan, tidak mau bersusah payah turun ke lapangan dan akhirnya rencana tinggal rencana karena lambatnya kemampuan mengeksekusi.

 

Ketiga faktor tadi jika tidak dimiliki oleh organisasi manapun, belive it or not kebanyakan dari mereka malah tidak berlanjut. Nau’udzubillahi min dzalik.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top