Berpikir-positif-Membuat-Kita-Lebih-Produktif

AFIRMASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS DIRI

Beberapa tahun lalu saya pernah belajar turunan dari ilmu NLP (Neuro Linguistic Programming) namanya Afirmasi, yang dampak hebatnya saya rasakan sekarang. Afirmasi yang saya pelajari adalah lebih kepada menanamkan keyakinan serta prasangka baik dalam diri terhadap cita-cita diri yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Terkait Afirmasi ini juga diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya bahwa beliau bersabda : “Aku sesuai prasangka hambaku”. Dengan Afirmasi ini kita diwajibkan terus berprasangka dan berkeyakinan positif atas apa yang sedang kita jalani demi menggapai ridho Alloh SWT. Apalagi jika aktivitas yang kita lakukan bukan semata untuk diri kita, tapi untuk kepentingan orang lain, tentu Afirmasi positif harus semakin kuat dan kencang. Kalau saya pribadi selalu tiap pagi menanamkan Afirmasi positif dalam pikiran saya, bahkan agar selalu hanya ada hal positif dalam pikiran saya sengaja saya tempel targetan jangka pendek di dinding kamar saya. Sedangkan targetan jangka panjang selalu saya tulis dan perbaharui tiap tahun di laptop saya dan setiap saat saya baca demi menguatkan Afirmasinya.

Jika kita terus menanamkan Afirmasi positif ini, maka akan memberikan dampak besar terhadap tiga pilar penting kehidupan kita. Apa saja itu?

  1. Afirmasi positif yang berdampak terhadap diri sendiri

Apalagi dalam kondisi pandemi sekarang ini, menanamkan Afirmasi positif setiap hari tentu sangat penting. Agar apa? Agar hormon kebahagiaan terus ada dalam pikiran kita, sehingga imun kita selalu bagus dan virus serta kuman selalu mental dari tubuh kita. Penting banget lho mengondisikan tubuh kita selalu sehat, agar kita selalu bisa mempersembahkan hal terbaik untuk orang-orang yang kita sayangi.

  1. Afirmasi positif yang berdampak terhadap keluarga

Bagi yang sudah memiliki keluarga, apalagi jika kamu sebagai kepala keluarganya, penting sekali lho menanamkan Afirmasi positif terhadap anggota keluarga kita. Karena sesuatu yang positif maupun negatif akan menular ke orang sekitar kita. Lebih baik semangat positif yang terus kita tularkan kepada keluarga kita. Istri dan anak-anak kita akan tertular energi positif dari Afirmasi positif yang kita sebarkan. Tentunya keluarga kita akan terus berada dalam pikiran positif dan terus bersemangat.

  1. Afirmasi positif yang berdampak terhadap profesi dan bisnis

Dalam kondisi ekonomi di luar sana yang semakin tidak menentu, tentu bagi para pemimpin bisnis atau bagi tim manajemen yang terlibat dalam operasional perusahaan, Afirmasi positif memiliki peran penting bagi keberlangsungan perusahaan. Kalau sudah Afirmasi negatif duluan yang kita tanam dalam pikiran, maka itu akan jadi kenyataan. Hehe. Daripada menanamkan Afirmasi negatif, mendingan Afirmasi positif aja terus. Tanam Afirmasi dalam diri kalau kita mau di kondisi pandemi ini bisnis terus tumbuh, berkembang dan bermanfaat bagi orang banyak. Pertumbuhan bisnis tentunya akan terus jadi jalan rezeki bagi tim kita. Tentunya dibarengi dengan doa yang kencang meminta petunjuk juga rohmat dari Alloh SWT agar senantiasa menjadi jalan keberkahan.

Nah, asyik kan kalau kita hanya mengizinkan kepada pikiran diafirmasi dengan sesuatu yang positif? Malah akan memberikan efek kebaikan bagi kualitas diri kita. Wallahu’alam bi shawab.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top