AMAZING-NYA BETERNAK DOMBA DAN KAMBING

Oleh : Hadi Azis Pratama
Muslimpreneur, Marketer dan Penulis Buku

Kandang-domba-CV.-Mitra-Tani-Farm-Bogor-Jawa-Barat-6-570x320Tempo hari saya berkesempatan ngobrol santai dengan kakak kelas saya satu kampus yang bergerak di bidang bisnis peternakan domba, kambing dan sapi. Mas Budi Susilo nama pengusaha peternakan tersebut. Beliau mengawali bisnisnya tersebut dari tahun 2004 yang tiap momen Idul Adha berhasil menjual ribuan ekor domba dan kambing juga ratusan ekor sapi. Mas Budi mengawali peternakan domba ini karena dorongan agama yang sangat kuat, beliau pernah menemukan dalilnya dalam Hadits Rasulullah SAW bahwa domba atau kambing ini termasuk hewan surga. “Shalatlah kalian di kandang kambing/domba dan usaplah ingusnya sebab ia adalah termasuk hewan surga.” (HR. Al-Baihaqi).

Mas Budi pun juga menyebutkan prospek beternak kambing/domba ini di Indonesia sangat menjanjikan. Hitungan Mas Budi membandingkan dengan jumlah penduduk muslim di Indonesia yang lebih dari 200juta jiwa, di mana dari mereka pasti berkurban dan aqiqah. Jika dirupiahkan dengan hanya mengambil 1 juta muslim saja yang berkurban, maka potensi bisnis domba ini bisa menyentuh Rp 2 trilyun. Besar kan? Tidak hanya besar dari sisi profitnya, tapi coba dibayangkan berkahnya yang akan diperoleh. Masya Allah.

Dalam obrolan tersebut pun saya diberikan sebuah inspirasi bagus, kenapa Mas Budi ini akhirnya memilih beternak domba dan kambing sebagai pilihan pertama dan terakhirnya karena tiga hal ini. Yang pertama, beternak domba dan kambing akan mengajarkan proses kepada kita. Karena, hidup ini adalah sebuah perjalanan proses, beternak domba dan kambing mengajarkan agar kita konsisten menjalani prosesnya. Bisa saja bisnis ini sukses ataupun gagal ya harus dijalani. Lalu yang kedua dorongannya adalah karena beternak domba dan kambing ini mengajarkan kita tentang adab. Terhadap domba dan kambing saja kita harus lembut melayani, apalagi terhadap sesama manusia. Yang ketiga karena dorongan spiritual tercantum dalam hadits di atas. Namun tidak hanya itu, dorongan spiritual ini akan mengajarkan kita sesuai dengan QS Al-Ashr menyebutkan bahwa kita harus yakin, melakukan amal terbaik, menjemput dan berbagi ilmu dan yang terakhir kita haruslah bersabar menjalaninya.

Di akhir obrolan Mas Budi menutup pembicaraan dengan tips sederhana (praktiknya menantang guys.. hehehehe) tentang cara beternak domba dan kambing yang akan memperoleh keuntungan berlipat. Beliau bagikan ada 3 langkah ini bagi Anda yang berminat beternak domba dan kambing :

  1. Jadikan hukum syariat yang ada dalam Alquran dan Sunnah sebagai panduan beternak. Seperti kita ketahui, dalam perjalanan kita beternak ini agar pertolongan Allah SWT senantiasa menghampiri kita, tentunya jalankan dulu dong yang Allah SWT mau, baru Allah SWT akan mengulurkan tangan-Nya kepada para hamba-Nya.
  2. Saling ridho antara pemilik dengan karyawannya maupun dengan mitra di luar peternakannya. Karena jika sudah ada keridhoan di antara keduanya, maka insyaa Allah keberkahan akan melingkupi dua orang atau lebih yang memiliki urusan dengan peternakan tersebut.
  3. Lakukan terus kebaikan karena itu adalah perintah dari-Nya. Jangan pernah Lelah melakukan kebaikan dan memberikan manfaat positif terhadap orang-orang yang bekerjasama ataupun bermitra dengan kita. Bisa jadi itu sebagai washilah menurunkan keridhoan dari Allah SWT terhadap kegiatan beternak yang sedang kita lakukan.
    Nah bagaimana guys? Dapat sesuatu kan dari obrolan yang saya tulis ini? Berminat menjadi peternak domba dan kambing yang sukses? Semoga Allah SWT akan memberikan segala kemudahan dan kelancaran atas pilihan yang Anda lakukan. Aamin Ya Robbal ‘aalamiin.

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top