Colorful hot air balloon flying over Cappadocia, Turkey.

BELAJAR DARI VIRALNYA LAYANGAN PUTUS

Sekitar tahun 2019 lalu di beranda media sosial kita dikejutkan dengan kisah nyata “Layangan Putus”. Kisah nyata dari seorang perempuan yang ceritanya “diduakan” oleh suaminya/suaminya menikah lagi, ketika suaminya telah mencapai puncak karir kesuksesannya. Memang sih katanya godaan perempuan itu ketika suaminya sedang sulit, sedangkan godaan lelaki adalah ketika si lelaki ini mencapai puncak kesuksesan. Tapi, Amazing People semua, saya tidak akan membahas tentang isi cerita Layangan Putus ini yang berawal dari tulisan di media sosial, kemudian dibukukan lalu berlanjut menjadi web series di youtube. Dalam tulisan kali ini saya coba kupas beberapa hal yang menjadikan kisah Layangan Putus ini menjadi viral kembali.

Kuys, kita lanjutkan.

  1. Content atau Isi Cerita

Tidak bisa dipungkiri kalau soal perselingkuhan lelaki sampai urusan poligami seolah-olah menjadi musuh bersama emak-emak se-Indonesia. Hehe. Bagi emak-emak dan banyak perempuan se-Indonesia apa yang dilakukan si suami seperti yang durjana sekali, ya itulah emak-emak. Begitu ada upaya menduakan hati, atau ada pelakor (perebut laki orang), maka bagi emak-emak hal tersebut adalah sebuah kejahatan yang harus ditumpas bersama-sama. Si penulis pun menuliskannya memang dari hati yang paling dalam. Maka tidak heran jika isi dari cerita Layangan Putus ini viral di kalangan emak-emak. Bahkan ada yang sampai ikut menjadi fans garis kerasnya si mommy Asf ini. Wkwkwkwk.

  1. Segment Audience yang Tepat

Isi cerita yang mendukung emak-emak banget dan tertuju bagi emak-emak membuat cerita ini mudah sekali menyebar dan menarik dukungan dari kalangan mereka. Karena dari segi penulisan dan kisah bagi yang membacanya seperti dialami mereka selaku emak-emak. Hehe. Jadi isi cerita dan segment-nya tepat sasaran.

  1. Channel Penyebaran

Channel atau saluran sebaran dari cerita yang berawal dari satu postingan media sosial hingga ke grup-grup whatsapp yang notabene dihuni emak-emak mempermudah kisah ini viral tersebar hingga akhirnya menjadi buku dan diangkat dalam web series. Di era digital sekarang ini yang membuat dunia semakin horizontal memudahkan kisah Layangan Putus ini tersebar hingga ke genggaman emak-emak seluruh Indonesia. Hehehe.

Nah, inti pelajaran dari tulisan kali ini ada tiga hal yang membuat isi informasi atau kisah yang ada menjadi viral adalah : Content, Segment dan Channel. Ketika tiga hal itu terpenuhi maka content kita akan berpeluang viral.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top