basketball

BEROLAHRAGALAH SEBELUM MENYESAL!

Rasulullah Saw bersabda;

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai Allah daripada mukmin yang lemah. Pada masing-masing memang terdapat kebaikan. Capailah dengan sungguh-sungguh apa yang berguna bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla dan janganlah kamu menjadi orang yang lemah.” (HR Muslim)

 

Imam An-Nawawi menyatakan, maksud kuat pada hadis ini adalah kekuatan diri untuk melaksanakan perkara akhirat. Mukmin yang kuat bisa lebih unggul dalam berjihad, lebih mudah dan semangat melaksanakan salat, puasa, dan ibadah-ibadah lainnya.

Sahabat Nabi, Abu Hurairah Ra juga pernah berkata, “Perumpamaan mukmin yang lemah seperti tangkai padi. Angin dapat memiringkannya sewaktu-waktu dan bisa menegakkannya sewaktu-waktu.”

Basyir bin Nahik bertanya, “Lalu bagaimana perumpamaan Muslim yang kuat?”

“Ia seperti pohon kurma yang memberikan buahnya pada setiap musim dan ia tidak digoyangkan angin”

 

Kenapa saya mengawali tulisan ini dengan hadits Nabi Muhammad SAW? Ternyata anjuran agar badan kita fit dan bugar sudah diserukan oleh teladan kita belasan abad silam loh. Beliau semasa hidupnya pun tidak pernah sakit, dan jatuh sakit Ketika menjelang beliau wafat. Amazing kan?

Kan enak tuh jika tubuh sehat, fit dan bugar. Tentunya ibadah hingga beraktivitas akan semakin leluasa, badan kita pun tidak mudah sakit. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, olahraga sangat dibutuhkan untuk menguatkan imun tubuh kita sehingga virus apapun akan sulit masuk ke tubuh kita.

Berdasarkan literatur kesehatan yang ada, berolahraga dapat memunculkan hormone endorphin (hormon bahagia). Kalau suasana pikiran kita sudah bahagia, maka berimbas tubuh kita akan semakin sehat. Dengan berolahraga juga dapat menghilangkan stress karena selama berolahraga kita bisa mengekspresikan teriakan kita sekuat mungkin saat berolahraga, sehingga rasanya akan plong. Betul gak? Apalagi kalau olahraganya jogging di alam terbuka, kita bisa sambal menikmati pemandangan alam sekitar kita, semakin segarlah pikiran kita.

Jadi kapan kamu mau rutin berolahraga? Hayuk segera kita berolahraga sebelum nanti kamu menyesal!

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top