getty

BIKIN PERENCANAAN HIDUP ATAU MATI AJA!

Seringkali saya dapati info di media sosial maupun dari obrolan orang-orang yang pernah curcol dengan saya bahwa kebanyakan dari mereka menjalani hidup biarlah mengalir begitu saja. Istilah orang-orang itu biarlah ikuti saja seperti air mengalir. Kalau mengalirnya ke danau ataupun ke laut yang tempatnya luas dan bisa menetralkan zat air yang sudah mengalir ke berbagai tempat, itu bagus. Jika sebaliknya, malah mengalirnya jatuh ke septic tank, kan gak enak, bau dan jijik. Hehe. Terus, kita harus bagaimana dong kakak? Tenang, ada pencerahannya di tulisan ini.

 

Amazing people, dalam Alquran Alloh SWT telah menciptakan kita dengan sebaik-baik bentuk dan juga Alquran telah memberikan identitas positif kepada muslim yang beriman sebagai sekumpulan ummat terbaik. Namun, kenapa sekarang ummat muslim di negeri ini banyak sekali mengalami ketertinggalan? Ya salah satunya banyak yang tidak memiliki perencanaan dalam hidupnya. Padahal jika kita mau membuat acara saja kita membuat perencanaan kegiatan dalam bentuk proposal, kenapa untuk diri sendiri kita tidak memiliki rencana?

 

Guys, dengan kita memiliki rencana hidup, berarti sudah separuh hidup kita terbayang mau seperti apa dan mau akan bagaimana. Jadi kita tahu, arah hidup kita, perkiraan penghasilan kita, sedekah kita mau berapa, mau menolong orang berapa banyak dan lain sebagainya. Jika kita mulai merencanakan hidup, maka kita akan tahu seberapa banyak amal sholih/kebaikan yang akan kita perbuat untuk orang banyak. Minimal kita akan terfokus pada kegiatan yang mendatangkan peluang pahala bagi kita, bukan malah mendatangkan dosa atas kemaksiatan yang ada.

 

Seperti apa membuat perencanaan hidup yang efektif? Saya coba bagikan dalam tulisan ini sesuai yang pernah saya lakukan dan praktikan bersumber dari berbagai referensi.

 

Pertama, tentukan impian kita mulai dari 5 tahun sampai 10 tahun ke depan mau jadi apa dan mau punya karya bermanfaat apa yang bisa kita torehkan? Agar kita punya dorongan yang kuat untuk menggapai impian kita, buatlah impian yang kalau kita menuliskannya, maka akan membuat kita tergetar karena saking hebatnya itu impian. Jangan malu dan sungkan menuliskan impian besar, mumpung masih gratis dan itu akan menjadi doa-doa positif untuk kita.

 

Kedua, mulai jalankan impian kita dengan aksi yang terukur dan terencana. Gak usah mudah baper terhadap orang yang mencibir ketika mulai menjalankan impian kita. Jalan saja terus, selama kita tidak melanggar hukum agama dan negara, jangan pedulikan omongan mereka. Karena orang yang mencibir dan meledek kita tidak akan bertanggung jawab dan memodali impian kita. Istilah suatu iklan : Go A Head!. Hehe.

 

Ketiga, tentukan dengan siapa kita akan berkolaborasi mewujudkan impian kita. Tentu kolaborasi ini haruslah dengan orang ataupun mentor yang sefrekuensi dan senilai dengan kita. Jangan pelit dan malu untuk mengajak kolaborasi terhadap orang yang kira-kira sudah terlihat cocok dengan kita. Jangan takut untuk belajar dengan orang tersebut, banyak upgrade diri dari kolaborasi yang kita lakukan. Insyaa Alloh lama kelamaan rencana hidup melalui impian kita akan mulai terlihat titik cerahnya. Selamat praktik!

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top