Pailit-dan-Bangkrut-dalam-Bisnis-Apa-Bedanya-Ini-Dia-Penjelasannya

BUATLAH PERENCANAAN BISNIS ATAU BANGKRUTIN AJA BISNISMU

Bagi setiap orang yang masih bekerja atau ingin full berbisnis tentu memiliki bisnis yang tumbuh dan menghasilkan merupakan impian setiap orang. Namun banyak yang tidak tahu caranya dari mana dan bagaimana untuk memulainya. Ada yang mulai dari punya produk dulu, ada yang sekedar mengalir begitu saja, ada yang mulai dari membantu menjualkan produk orang lain dan ada juga yang tidak mulai-mulai. Ternyata saudara-saudara, memulai dan menjalankan bisnis itu ada ilmu dan caranya lho, jangan asal mengalir begitu saja. Nah, seperti apa kira-kira cara membangun bisnis dari awal agar bisnis kita dapat tumbuh dan berkembang? Tenang kita lanjutkan ya tulisannya.

Dalam tulisan ini saya akan sharing merencanakan bisnis itu harus dimulai dari mana? Dalam praktiknya dari beberapa bisnis dan Lembaga yang saya bentuk, saya menggunakan ilmu Business Model Canvas (BMC) karangan Alexander Osterwalder. Menurut saya teori yang dia buat mudah diterapkan bagi pengusaha pemula. Tapi saya hanya akan memberikan 5 blok dalam BMC yang dia buat.

Pertama, Customer Segments

Customer Segments menjadi blok area yang paling utama karena dari pelanggan-lah kita akan mendapatkan pemasukan. Di blok ini kita harus bisa memprofil calon konsumen kita dengan melakukan pendekatan : Profesi, penghasilan, demografi, lokasi, jenis kelamin, status ekonomi sosial.

Kedua, Value Proposition

Dalam bisnis selalu ada produk atau jasa yang akan ditawarkan. Dalam blok area Value Proposition mencakup produk atau layanan apa yang ditawarkan untuk calon konsumen. Solusi dan keunikan apa yang akan ditawarkan kepada calon konsumen. Harus dibuat dramatis juga jika bisnis dan lembaga kita tidak ada, maka musibah apa yang akan terjadi.

Ketiga, Promotion Channels

Promotion Channels merupakan sarana untuk menyampaikan nilai atau manfaat dari produk kepada customer segment. Di era sekarang lewat komunikasi multi saluran (OMNI channel) bisa kita lakukan untuk menjangkau calon konsumen di luar sana.

Keempat, Customer Relationship

Merupakan mekanisme yang dilakukan oleh bisnis atau lembaga untuk berhubungan dengan pelanggan. Tujuannya untuk meningkatkan keterdekatan, sehingga tidak berpaling ke produk kompetitor. Di dalam lingkup ini yang dinilai adalah bagaimana menjalin hubungan dengan pelanggan. Agar pelanggan tidak mudah berpaling ke bisnis yang lain, maka sangat penting untuk menjalin hubungan yang baik. Selain itu, diperlukan juga pengawasan yang ketat dan intensif.

Kelima, Revenue Stream

Bagian ini bagian blok yang penting bagi setiap bisnis dan lembaga. Jika tidak direncanakan di bagian ini, maka bagaimana mungkin bisnis atau lembaga kamu akan mendapatkan pemasukan. Porsi pemasukkan bisa dimulai dari bagian ritel ataupun korporasi kelas perusahaan. Pemasukkan ini menjadi nyawa bagi setiap bisnis atau lembaga. Jika bagian ini macet maka bisnis atau lembaga kamu akan mati dan bangkrut!

Dengan kita merencanakan bisnis atau Lembaga kita, maka menurut teori manajemen sudah 50% keberhasilan akan kita raih.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top