gen z

CARA PRAKTIS MEMBAUR DENGAN KARYAWAN GEN Z

Era sekarang semakin banyak tim yang masuk ke organisasi perusahaan kita dari kalangan gen Z (generasi Z). Menurut literatur yang ada, generasi Z ini kelahiran tahun 1995 sampai 2010. Bagi kamu yang kelahiran di atas tahun tersebut, termasuk saya yang lahir 1983 akhir (masuk gen Y) tentu memiliki cara tersendiri agar dapat membaur dengan mereka, atau istilahnya nge-blend. Di Lembaga kami (Cinta Quran dan Sekolah Alam An Naba) yang didominasi oleh gen Y dan gen Z, dari awal kami melakukan rekrutmen yang dikedepankan adalah karakternya dulu yang memang bagus juga bisa dibentuk. Nah Ketika karakter tim kita sudah satu frekuensi dengan kita selanjutnya mencoba membaur dengan mereka tinggal lakukan cara-cara ini.

  1. Baca dan nonton

Zaman sekarang di mana internet semakin cepat dan murah, kita mendapatkan informasi perilaku orang lintas generasi. Apalagi sekarang tenaga kerja yang ada didominasi oleh gen Y dan Z, maka kita selaku pemilik bisnis maupun pemimpin harus tahu. Bagaimana car acari tahunya? Ya dengan banyak membaca dan menonton tren hari ini. Apa kebiasaan generasi Z saat ini semua banyak beredar di Instagram dan tiktok. Kita tinggal ambil yang baiknya agar kita bisa membaur dengan mereka. Kita ambil informasi seputar dunia mereka, agar kita punya bahan obrolan yang bisa menjadi jembatan pembicaraan dengan mereka.

  1. Sering main bareng

Istilah keren sering main bareng ada istilah “Play Date” dan memang cara membaur dengan mereka harus sering “main bareng”, missal sering main basket bareng, futsalan bareng, makan bareng sampai main pe es bareng sebagai car akita bisa membaur dan tahu seluk-beluk dunia mereka. Karena kita ikut nyemplung dengan kebiasaan mereka, maka mereka akan nyaman berbaur dan bekerja dengan kita.

  1. Berpakaian seperti mereka

Generasi Z seringkali tidak nyaman dengan sesuatu yang terlalu formil. Atmosfer yang dibangun di lembaga kami di mana sampai pakaian pun asal sesuai syariat namun tetap casual membuat kami bisa membaur bersama mereka. Saya pun sering ke kantor cukup kaosan dan sandalan agar bisa nyambung dan membaur dengan tim yang masuk kategori gen Z. Kemeja-kemeja batik yang ada di lemari sering menganggur jarang dipakai dan hanya digunakan saat forum resmi. Hehe.

Silakan dicoba tips ini agar kamu dan tim bisa terus berkolaborasi mencapai tujuan perusahaanmu.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top