level bisnis

EMPAT LEVEL BISNIS

Setiap kehidupan yang kita jalani pasti ada jenjangnya. Manusia hidup dan menjalani kehidupan juga Alloh SWT tetapkan jenjangnya mulai dari anak-anak, pemuda, dewasa hingga menjadi orang tua. Dari awalnya orang tersebut duduk di bangku TK hingga perguruan tinggi semua itu ada masa dan tahapannya.

 

Begitu pula dengan bisnis, tidak mungkin bisnis yang kita bangun ketika dimulai langsung bisnis tersebut membesar, semua ada proses dan tahapannya. Setiap tahapan atau jenjang bisnis tersebut ada warna-warni dan formulasi yang harus kita buat dan jalani. Berikut ini ada insight menarik tentang empat level bisnis yang harus kita jalani sebagai pengusaha agar kita tahu kita sudah berada di level bisnis yang mana dan strategi apa yang harus kita lakukan.

 

  1. Startup

Dalam level ini, fokus bisnis yang harus dilakukan adalah mengamankan omset dan juga profit bagi bisnis kita. Karena profit inilah nyawa bagi bertahannya bisnis kita. Dalam level ini segala strategi yang dibuat hanya berfokus mendapatkan omset serta profit yang bisa diputar bagi operasional bisnis kita agar tetap bisa bertahan. Kunci dalam level ini adalah targetnya adalah tetap BERTAHAN agar bisnis bisa terus berjalan dan roda bisnis berputar.

 

  1. Running

Di level ini, bisnis yang kita bangun mulai menemukan pola strategi pemasarannya sehingga roda bisnis sudah mulai berputar. Ketika sudah sampai level ini para pemimpin bisnis harus mulai memikirkan pola pemasaran dan sistem yang berjalan sedikit demi sedikit dibenahi. Dalam level ini si pengusaha sudah mulai memiliki tim lebih dari satu yang membantu dia mengembangkan bisnisnya. Dalam level bisnis ini, pengusaha mulai memikirkan pengembangan timnya.

 

  1. Growing

Pada level ini, pilar-pilar bisnis inti seperti operasional, pemasaran, SDM dan keuangan sudah mulai rapi dan dalam tahap sistemasi. Dalam tahapan level ini, bisnis mulai disiapkan pertumbuhannya dan mulai memiliki lebih dari satu orang yang bisa didelegasikan tugas ke mereka. Tim level manager hingga general manager sudah dimiliki dalam bisnis di level ini. Pengusaha dalam level ini akan siap-siap melangkah mengembangkan bisnisnya agar tumbuh memiliki beberapa cabang ataupun lini bisnis yang bisa saling menopang antara satu dengan lainnya.

 

  1. Expanding

Di level keempat ini, bisnis mulai bisa didelegasikan penuh oleh si pemiliknya karena di dalam bisnis tersebut sudah ada orang-orang yang diberikan kepercayaan penuh membuat keputusan penting dalam bisnisnya. Si pengusaha tinggal memikirkan membuat holding baru atau sekedar memberikan sharing dan mentoring kepada pengusaha-pengusaha yang lebih junior dibanding dia. Dalam level ini, si pengusaha pun tinggal mengarahkan timnya untuk memperluas cabangnya ke berbagai kota dan tempat karena semua sistem bisnis yang memang penting disiapkan untuk mengekspansi bisnisnya sudah siap dan fit.

 

Nah Amazing People, kira-kira bisnis Anda berada di level mana? Mau di manapun levelnya yang penting Anda, saya dan kita semua terus belajar untuk memantaskan diri agar level bisnis kita sudah layak berada pada level expanding sehingga akan semakin banyak orang yang terbantu dan mendapatkan manfaat dari bisnis kita. Wallahu’alam bi shawab.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top