FILOSOFI OLAHRAGA BASKET BAGI PENGUSAHA

1280px-LeBron_James_Layup_(Cleveland_vs_Brooklyn_2018)

Oleh : Hadi Azis Pratama

Muslimpreneur, Marketer dan Penulis Buku

Bagi Anda yang bersekolah atau berkuliah rentang waktu antara 1990an-2000an pasti tidak asing dengan olahraga basket. Atlet basket saat itu yang terkenal dari asosiasi basket NBA Amerika Serikat seperti Michael Jordan, Scottie Pippen, Tim Duncan, Kobe Bryant, Vince Carter dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang senang dengan olahraga yang agak sedikit keras dan menguras fisik, basket ini bisa menjadi pilihan olahraga yang seru dan menantang bagi Anda. Namun, di balik kontak fisik yang keras dan identik dengan kecepatan, berbicara olahraga basket ternyata bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha ada beberapa filosofi yang bisa diambil diantaranya.

  1. Berlatih strategi

            Dalam bermain basket, tentu kita harus cepat membaca kelemahan dari pihak lawan dan titik sebelah mana yang menjadi kelemahan lawan. Dari bagian itulah kita bisa membuat pola dan strategi memenangkan tim kita saat menghadapi lawan kita. Dalam dunia bisnis, seorang pengusaha harus pintar berstrategi dalam mengembangkan bisnisnya. Tanpa strategi yang baik, bisnis yang dijalankan akan cepat bangkrut hingga tutup.

  1. Kerjasama tim

            Basket hanya bisa dimainkan jika orang yang bermain minimal 6 orang (three on three) hingga maksimal 10 orang (bermain satu lapangan full). Jadi dari basket ini bisa kita latih kemampuan bekerjasama dalam tim, basket identik dengan olahraga tim. Kita bisa mengoptimalkan kekuatan masing-masing anggota tim dan mengelaborasinya sehingga menjadi kekuatan untuk mengalahkan lawan. Begitu pula dalam dunia usaha, sebagai pengusaha tidak mungkin kita mengembangkan bisnis kita seorang diri, pasti membutuhkan tim yang hebat (super team).

  1. Daya tahan fisik

            Dalam basket identik dengan empat babak (quarter) dalam satu sesi permainan. Tentunya dalam menjalankan permainan selama empat babak ini haruslah memiliki fisik yang prima, daya tahan (endurance) yang baik. Selama empat babak haruslah stabil mengikuti permainan. Begitu pula bagi pengusaha, dia haruslah memiliki kekuatan fisik dan mental yang baik berlapis-lapis. Karena usia bisnis yang kita jalankan tentunya tidak ingin setahun dua tahun, namun bisa kita wariskan kepada anak-cucu sehingga menjadi amal jariyyah sebagai bekal kita pulang menghadap Allah SWT.

            Ayo para pengusaha yang senang olahraga basket, teruslah berolahraga basket untuk kesehatan tubuh kita. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari olahraga basket. Semangat terus berbasket ria! Hehehe (HAP)

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top