IDE PENGHASILAN TAMBAHAN DI TENGAH PANDEMI

 

Oleh : Hadi Azis Pratama

Co-Founder Amazing Group, Ketua Yayasan Cinta Quran Global

            Pandemi global covid-19 yang menerpa negeri kita selama hampir enam bulan ke belakang tentunya berimbas pada menurunnya penghasilan. Tidak hanya itu, ada juga yang sampai kehilangan penghasilan rutinnya. Tentu kita tidak ingin pandemic global ini malah menurunkan jumlah penghasilan kita sehari-hari.

            Berkahnya bagi setiap muslim, di balik kesulitan pasti Allah SWT berikan kemudahan-kemudahan dan jalan keluar bagi setiap hamba-Nya. Dengan syarat, kita mau jeli melihat peluang di sekitar kita yang bisa kita jadikan sumber pemasukan. Berikut ini ada 7 (tujuh) peluang penghasilan yang bisa dijalankan selama pandemi global melanda Indonesia, saya sarikan dari berbagai referensi dan pengalaman :

  1. Menjadi agen frozen food dan produk makanan ready to eat

            Di masa pandemi sekarang ini, apalagi di kalangan ibu-ibu yang tidak ingin ribet menyiapkan makanan di rumah dengan memesan makanan beku (frozen food) dan makanan siap saji (ready to eat), tinggal dihangatkan.

  1. Copy writer produk iklan

            Masa pandemi sekarang menjadi surga bisnis bagi para pebisnis online di Indonesia, karena semua jenis bisnis banyak berubah ke platform online. Agar isi iklan dibarengi dengan copy writing menarik, tentunya butuh sentuhan copy writer yang mampu menyampaikan pesan tentang manfaat produk tersebut. Apalagi enaknya profesi copy writer ini bisa dikerjakan di rumah dan secara freelance.

  1. Event online

            Adanya covid-19 ini bisa menggeser perilaku orang-orang yang tadinya sering bepergian, dalam suasana covid-19 ini lebih sering di rumah dan mengisi waktunya dengan meng-upgrade diri. Nah, kesempatan bagi event creator dapat menawarkan program-program belajar online bagi orang tuanya di rumah maupun bagi anak-anaknya menemani saat-saat belajar di rumah.

  1. Affiliate marketer

            Profesi ini sangat umum di kalangan internet marketers, di mana Anda dengan sangat mudah menjualkan produk orang lain hanya cukup menyebarkan link affiliatenya ke grup-grup whatsapp yang Anda ikuti, ataupun di akun-akun media sosial Anda. Dengan memanfaatkan peluang menjadi affiliate marketer ini, Anda tidak perlu ribet namun dapat menghasilkan income yang lumayan.

  1. Agen snack rumahan/cemilan

            Membantu menjualkan produk snack atau cemilan teman-teman kita atau tetangga kita tentu bisa menjadi pilihan bagi Anda, terutama kaum ibu. Di rumah saja bisa mendatangkan penghasilan dari profesi ini.

  1. Keagenan online suplemen dan produk kesehatan

            Anda bisa bekerjasama dengan rekan Anda yang memiliki bisnis herbal, suplemen imun tubuh ataupun yang jualan masker untuk dibantu oleh Anda dipasarkan produk-produknya. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menstok barang-barang di rumah Anda.

  1. Narasumber materi

            Bagi Anda yang memiliki passion dan kemampuan sebagai pengisi materi kelas-kelas online, saat pandemi sekarang banyak lembaga-lembaga maupun komunitas yang mencari diri Anda untuk menjadi narasumber di tempatnya. Anda bisa mengambil peluang ini sebagai penghasilan tambahan dengan cukup dilakukan #dirumahsaja.

            Asyik kan banyak sekali peluang mendapatkan penghasilan tambahan dari masalah yang ada di sekitar kita, kemudian menjadi ide yang kita realisasikan sehingga bisa menjadi penghasilan tambahan bagi kita. Tentunya saat kita sukses menjalankan ini, jangan lupa sisihkan sebagian besar dari penghasilan untuk “tabungan akhirat’ Anda.

Bagaimana? Dapat ide menarik dari tulisan ini? Semoga bermanfaat (HAP)

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Mau ikutan giveaway berhadiah buku Find The Amazing You? Klik link berikut ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top