teknik-closing

JURUS RAHASIA KETAGIHAN CLOSING

Bagi banyak penjual maupun pengusaha, aspek closing menjadi hal paling penting dalam proses bisnis yang ada. Karena jika sekedar promosi dan memasarkan tanpa ada closing tidak akan ada pemasukan dalam bisnisnya. Kenapa harus dan malah wajib sering closing? Ternyata ada 3 alasan kita sebagai penjual wajib sering closing, yaitu :

  1. Profit bisnis

Tidak bisa dipungkiri, profit bisnis menjadi tujuan akhir bagi setiap pengusaha maupun penjual dari setiap proses bisnis yang mereka lakukan. Bisnis tidak akan bisa berkembang jika profit tidak terjadi. Yang ada malah bisnis akan lesu hingga ditutup jika tidak ada profit. Maka, closing ini akan berdampak langsung terhadap adanya profit.

  1. Manfaat

Proses closing terjadi karena bagi konsumen, barang dan jasa yang kita tawarkan ada solusi dari barang dan jasa tersebut. Sehingga mereka percaya dan membeli barang dan jasa tersebut. Jika dirasa tidak akan ada manfaat untuk apa juga barang tersebut mereka beli alias terjadi closing bagi kita.

  1. Sedekah

Semakin banyak profit, maka peluang semakin banyak free cash akan kita peroleh. Dengan free cash yang banyak berlimpah, maka peluang bersedekah semakin luas terbuka. Dan sebaran dari harta sedekah itu akan semakin banyak yang akan mendapatkan berkah dari sedekah tersebut.

Lantas, setelah kita mengetahui bahwa closing ini banyak dampak positifnya, berikut ini ada 7 rahasia bagi kamu agar dalam menjual menjadi ketagihan terus-terusan closing.

 

  1. Selalu Beri Pilihan Pasti Beli

Bagi setiap penjual ketika proses menuju closing jangan berikan pilihan kepada calon konsumen yang jawabannya malah menjadi tidak beli. Giring mereka ke jawaban yang pasti akan beli dan sulit menolak. Missal kasih pertanyaan pilihan ini :

“Mau beli 1 atau 2 kak?”

“Mau DP dulu atau langsung lunas kak?”

”Mau warna hitam atau putih?”

Jangan sekali-kali memberikan pilihan akhirnya malah tidak jadi beli. Missal diberikan pertanyaan pilihan ini :

“Gimana kakak kira-kira jadi beli gak nih?”

Pasti dia akan jawab : “Gak lah yaw!” hehe.

 

  1. Multi Manfaat

Dalam proses menjelaskan, beritahu keunggulan dan keunikan produk sebagai bentuk ingin memberikan solusi kepada calon konsumen. Sampaikan kepada calon konsumen seakan mereka akan menang banyak karena keuntungan yang kita tawarkan kesannya jadi banyak. Sehingga dari uang yang dibayarkan ke kita mereka merasa manfaatnya lebih besar dibandingkan harganya. Narasi edukasi yang bisa disampaikan ketika menjelaskan keunggulan produknya antara lain :

“Kalo beli produk ini sekaligus bisa sedekah loh kak”

“Bahan-bahannya ramah lingkungan kak”

”Rasanya enak dan gak bikin gemuk kak”

 

  1. Pastikan Kita yang Terakhir Chat

Teknik yang berikutnya adalah memastikan kita menjadi yang terakhir chat. Jadi jangan biarkan calon pembeli menjadi yang terakhir chat. Hal itu menunjukkan seolah kita tidak peduli lagi pada mereka.

Misalnya saja pembeli menuliskan chat :

“Oke”.

Meskipun itu tandanya dia telah mengakhiri percakapan, tapi jangan sampai kita biarkan. Kita bisa balas dengan seperti ini:

“baik kak, terima kasih sudah mengunjungi toko kami.”

Meskipun calon pelanggan tidak jadi membeli, tetap usahakan kita yang terakhir membalas. Hal ini menunjukkan sikap kita membangun kepercayaan di benak konsumen bahwa servis kita bagus dan cekatan. Teknik closing ini sangat efektif untuk memberikan citra positif pada konsumen.

  1. Keterdesakan

Membangun keterdesakan agar calon konsumen tidak ragu dan segera membeli produk kita. Semakin kita buat mereka terdesak, semakin cepat mereka memutuskan membeli. Contoh narasi yang bisa membantu agar terbangun keterdesakan.

“Sekarang saja transfernya kak, mumpung promo”

“Senin harga naik”

“Transfer sekarang bonus hadiah langsung”

  1. Empati

Dunia penjualan identik dengan menarik emosi dan menghadirkan empati. Bangun rasa empati yang setara antara kita dengan calon konsumen. Misalnya calon pelanggan kita mengeluh tentang wajahnya jerawatan dan bertanya apakah produk kosmetik kita bisa membantu.

Contoh jawaban yang keliru:

“Oh tentu bisa, jangan khawatir kak, pasti bisa sembuh.”

Hal ini selain khawatirnya memberi janji palsu, juga kita menunjukkan seolah masalah tersebut sepele.

Jawaban yang dianjurkan.

“Saya juga kurang lebih dulu sama kak, itu ganggu banget, apalagi kalau ketemu teman. Tapi sejak pakai produk ini, saya juga sedikit-sedikit bisa lebih pede, karena efeknya cepet banget kerasa kak.”

Dengan teknik closing seperti ini, kita lebih dulu masuk ke dalam dunianya si pelanggan. Lalu dari situ baru kita munculkan keampuhan produk kita. Calon pelanggan akan cenderung lebih percaya dan yakin karena hatinya sudah lebih dulu kita dapatkan. Tidak sekonyong-konyong kita langsung menawarkan produk.

  1. Testimoni

Testimoni asli dari konsumen yang pernah pakai produk kita akan semakin menguatkan keunggulan produk kita. rata-rata orang Indonesia perlu bertanya sebelum membeli. Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut mereka butuh bukti dari yang sudah berhasil.

Jadi, kita juga perlu memberitahu calon pelanggan tentang kesuksesan produk kita di mata pelanggan lain.

Misalnya seperti ini :

“Krimnya ampuh kak buat ngilangin jerawat, ini komentar dari salah satu pelanggan kami yang problemnya sama dengan kakak.”

Lalu kita berikan screen shoot dari pelanggan yang dimaksud.

Teknik closing ini memperkuat argumen kita karena ada bukti pernah berhasil sebelumnya. Dengan begitu, calon pelanggan menjadi lebih mudah untuk diyakinkan.

  1. Permudah Pembayaran

Hal terakhir dan ini bisa menjadi titik kritis adalah seringkali para penjual dan pengusaha tidak membuat skema pembayaran pesanan semudah mungkin. Buat rekening maupun digital payment yang familiar digunakan oleh orang kebanyakan. Jangan sampai malah gara-gara tidak mempersiapkan rekening dan mekanisme pembayaran, orang itu tidak jadi membeli produk kita.

Demikian tadi tulisan tentang rahasia bagi penjual agar ketagihan closing. Kuncinya tips tersebut segera dipraktikan agar bisa terlihat hasilnya. Semoga tips ini bisa membantu kamu menjalankan proses menjual hingga closing kepada calon konsumen.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top