LANGKAH PRAKTIS MEMBUAT “BUSINESS PLAN”

Oleh : Hadi Azis Pratama

Muslimpreneur, Marketer dan Penulis Buku

                         Sudah lumrah menjelang akhir tahun, di perusahaan atau bisnis manapun sambil berkejaran dengan sisa waktu di tahun tersebut untuk mengamankan target perusahaan, berbarengan dengan penyiapan Business Plan di tahun yang baru. Apalagi di tahun ini, tantangan para pelaku bisnis dan profesional luar biasa, di mana bertambah lagi tantangannya adalah dengan adanya efek dari pandemic yang sudah melanda negeri kita hampir sembilan bulan lamanya.

                          Tentunya kita sebagai pengusaha dan profesional muslim, gantungkan harapan kita hanyalah kepada Allah SWT Sang Pemilik diri ini dan seluruh alam semesta. Berserah diri secara penuh atas segala ketetapan, hanyalah kepada-Nya. Itulah jurus langitnya. Kemudian jurus buminya adalah bagaimana membuat Business Plan hingga Strategi 4 DX sebaik dan selengkap mungkin sebagai bentuk ikhtiar kita. Untuk memudahkan bagaimana membuat Business Plan yang praktis dan mudah diterapkan, hendaknya lakukan 3 langkah berikut ini :

  1. Serap data

                           Langkah pertama ini mesti dan bisa dibilang wajib dilakukan oleh pengusaha yang akan membuat perencanaan bisnisnya. Ambil data dan informasi sebanyak dan selengkap mungkin, agar ketika menentukan strategi di tahun yang baru dilakukan seobyektif dan selogis mungkin. Jangan gunakan asumsi, selalu gunakan angka dan data. Karena segala sesuatu yang tidak bisa terukur, maka tidak akan bisa diatur serta dikembangkan dengan baik.

  1. Gunakan metode yang menurutmu mudah

                            Langkah kedua ini, lebih ke tataran aplikatif bagi pengusaha bagaimana mereka membuat perencanaan bisnisnya. Menggunakan metode yang menurut mereka lebih mudah diterapkan dan dipraktikan. Yang terpenting adalah Ketika membuat perencanaan bisnis ini, tahu seberapa besar manfaat yang perusahaannya akan peroleh, kemudian seberapa besar biaya yang harus keluar? Di luaran sana ada banyak metode penentuan business plan yang teman-teman bisa pakai.

  1. Selalu adaptif

                            Tahun 2021, kita tidak tahu akan semenantang apa pertarungan dan perjalanan bisnis ke depan. Yang terpenting dalam pikiran para pengusaha dan profesional harus “mudah” menangkap sinyal-sinyal perubahan dan dinamisasi faktor-faktor perubahan di luar. Jangan mudah nyaman dan cenderung diam dengan dinamisasi faktor eksternal. Karena ketika kita diam saja dengan dinamisasi faktor eksternal, siap-siap saja bisnis kita akan terjun bebas.

                            Demikian tadi langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat perencanaan bisnis yang akan berdampak positif di tahun depan. Semoga Allah SWT memudahkan seluruh langkah yang Anda lakukan demi mempertahankan dan menumbuhkan bisnis Anda. Selamat membuat business plan!

Salam Amazing! (HAP)

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top