hap

LEADERSHIP BY EXPERIENCE

Beberapa pekan lalu saya dan pendiri Amazing Group berkesempatan berkunjung ke kediaman Gubernur Banten, Bapak Wahidin Halim, adik kandung mantan Menteri era Bapak Soeharto, Bapak Hassan Wirayuda. Alhamdulillah jadwal pertemuannya berhasil diinisiasi oleh relasi pesantren Cinta Quran Center. Dalam kesempatan pertemuan di kediaman Bapak Gubernur tersebut saya mendapatkan beberapa isnights menarik dari segi gaya kepemimpinan beliau. Seperti kita ketahui dari pemberitaan, Banten mengalami beberapa kemajuan positif sejak dipimpin beliau. Terutama terkait indeks korupsinya menurun jauh sekali. Informasinya sih sudah naik 3 terendah pemerintahan daerah yang bersih dari korupsi, yang tadinya masuk 15 besar provinsi paling korupsi di Indonesia.

Dari pertemuan tersebut, saya dapatkan 4 insights inspiratif dari beliau.

  1. Agamis

Ya, tidak dipungkiri secara pribadi beliau taat beragama. Bahkan di usia senjanya beliau mendirikan pesantren tahfidz gratis di depan rumahnya di mana semua santrinya digratiskan dan dibiayai seluruh kebutuhan hidupnya. Dari mulai sekolahnya sampai kebutuhan sehari-harinya. Masjid pesantren pun beliau bangun dari koceknya sendiri, yang kata beliau di penghujung usia ini ingin banyak mengumpulkan bekal amal jariyyah saja. Masya Alloh.

  1. Teladan

Sebagai seorang pemimpin, efektivitas dalam memimpin tentunya dari contoh atau keteladanan. Ya, beliau mencontohkan langsung bagaimana menjunjung integritas ketika memegang jabatan. Bekerja secara profesional hingga tidak sungkan turun ke lapangan berinteraksi langsung dengan masyarakat luas sehingga masyarakat pun merasa nyaman punya gubernur yang merakyat tanpa ada pencitraan di sana-sini.

  1. Pelayananan

Menurut beliau sebagai pemimpin daerah, semestinya memang fokusnya pelayanan, sampai beliau menyiapkan banyak infrastruktur untuk memudahkan pelayanan bagi warganya. Bahkan warga semua kalangan beliau akomodir agak bisa mendapatkan haknya secara tuntas.

  1. Berbagi

Dari cerita yang beliau sampaikan dalam pertemuan yang tidak lama tersebut, beliau tidak pelit untuk berbagi sedekah maupun jadi perantara orang lain untuk membagikan sedekah ke masyarakat Banten. Bahkan tidak jarang dari kocek beliau sendiri dan dibagikan oleh beliau sendiri kita ada momen Hari Besar Islam. Masya Alloh berkahnya jika harta berada di tangan orang sholih.

Guys, demikian empat insights yang saya dapatkan dari pertemuan dengan pak Gubernur. Semoga kamu mendapatkan pelajaran positifnya ya.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top