MARKETING INSIGHTS DARI VIRALNYA BU TEJO

Oleh : Hadi Azis Pratama

Co-Founder Amazing Group, Ketua Yayasan Cinta Quran Global

 

            Semua yang sering membuka youtube akhir-akhir ini pasti tidak asing dengan Bu Tejo yang popular dalam film pendek berjudul “Tilik”. Videonya diunggah tahun 2017 dan di tahun 2018 mendapatkan penghargaan film pendek dan viralnya baru terjadi sekarang. Singkat cerita, Bu Tejo dalam film tersebut diposisikan sebagai karakter ibu-ibu zaman now yang senangnya bergosip dan pamer harta-harta yang dimilikinya. Dalam film tersebut Bu Tejo sepanjang perjalanan menggunakan truk saat hendak menjenguk Bu Lurah, menggosipkan terus seorang perempuan desa bernama “Dian”. Ada juga pemeran yang jadi kontranya Bu Tejo, yaitu Yu Ning. Peran Yu Ning diposisikan sebagai orang yang tidak mudah kena omongan gosip Bu Tejo. Dalam film tersebut Yu Ning selalu mengingatkan kepada Bu Tejo bahwa jangan mudah termakan gosip dan sering membicarakan kejelekan orang lain.

             Saya tidak akan membicarakan dan mengulas tentang film Tilik ini lebih jauh karena di internet sudah banyak yang mengulasnya dari berbagai sisi. Ada yang membahas dari sisi kebudayaan, psikologi bahkan saya pernah menemukan meme tentang film ini diulas dari sudut pandang ilmu Fisika. Aya-aya wae J

             Dalam tulisan ini saya akan mengulas dari sudut pandang Marketing Insights bahwa viralnya promosi film Tilik ini benar-benar organik di Youtube. Saat tulisan ini dibuat penonton film ini sudah mencapai 20 juta lebih penonton. Saya melihat ada 3 pilar viralnya film Tilik ini. Saya rangkum menjadi rumus 3 C (Content, Context dan Channel) :

  1. Content

              C yang pertama adalah Content. Content atau isi dari film ini sedehana sekali, diambil dari kejadian yang terjadi di kalangan ibu-ibu baik pedesaan maupun perkotaan. Karena kejadian sehari-hari dan sering dialami oleh kita, maka isi pesan film tersebut mudah sekali dicerna dan orang secara sukarela mau memviralkannya.

  1. Context

              C yang kedua adalah Context. Film ini dikemas dengan tampilan visual dan pengambilan gambar yang ciamik, juga balutan cerita yang mengalir. Tidak hanya itu durasi penayangan kurang dari sejam membuat film ini enak dinikmati kalangan usia muda hingga dewasa tanpa mengerutkan dahi bagi orang yang menontonnya.

  1. Channel

             C yang ketiga atau terakhir adalah Channel. Film pendek ini disajikan dalam channel youtube dan diviralkan menggunakan akun-akun social media oleh para netizen secara sukarela sehingga banyak orang tahu dan penasaran dengan film ini. Bahkan sampai beredar stiker dan meme socmed ketika film ini mulai diviralkan para penonton youtube.

              Itu tadi Amazing People, inspirasi dari sisi marketing tentang hebohnya film Tilik ini di dunia maya. Semoga kita bisa mengambil insights terpendam dari viralnya film Tilik. (HAP)

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Mau ikutan giveaway berhadiah buku Find The Amazing You? Klik link berikut ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top