Utsman bin Affan

MENCONTOH STRATEGI BISNIS UTSMAN BIN AFFAN

Untuk temen – temen muslim. Siapa yang tidak tau nama beliau ? Pasti tahu semua. Seorang sahabat Rasulullah SAW. Pun juga pemimpin umat islam setelah khalifah sahabat Ummar bin Khattab.

Apa sebenarnya rahasia sukses Utsman bin Affan ?  Baca sampai selesai ya.

Ada beberapa prinsip yang patut kita tiru dalam menjalankan bisnis. Apalagi kita sebagai bisnis pemula.

  1. Terjun Langsung / Grounded

Jika Anda memulai bisnis. Jangan langsung mendelegasikan orang lain. Pelajari dulu bisnis yang dijalani. Pasti banyak masalah di dalamnya. Tentu Anda tidak mau tertipu dengan orang yang Anda delegasikan, jika Anda tidak mengetahui seluk beluk bisninya.

Nah, Anda harus bisa menjadi ‘manusia super’ dulu. Semua lini harus Anda fahami. Bagaimana produksinya. Bagaimana cara ngiklannya, bagaimana cara negosiasinya, bagaimana cara mengelola database, dan masih banyak yang lainnya.

Intinya ketika mengawali usaha. Semua seluk beluknya Anda harus paham. Mulai dari produksi hingga pemasaran Anda harus benar – benar paham.

Intinya harus terjun dulu ke lapangan. Jangan langsung mendelegasikan orang. Apapun itu bisnisnya.

Maksudnya terjun langsung adalah Anda harus tahu bisnis prosesnya. Bukan untuk ahli di bidang itu.

  1. Tumbuhkan / Growth

Jangan hanya senang mengawali bisnis. Setelah sudah mengawali ditinggal dengan membangun bisnis yang lain. Karena bisnis yang pertama anda tidak bisa menjual produknya. Jangan seperti itu. Harus ditekuni dulu. Makanya kalau memulai bisnis jangan asal – asalan dan ikut – ikutan. Pelajari risetnya..

Setelah sudah mantap punya bisnis. Tumbuhkan, bangun sistemnya. Kelola SDM nya. Pelajari dan kuasai marketnya dan lain sebagainya.

Buat tumbuh dan berkembang dulu bisnis Anda. Kalau sudah banyak menghasilkan milyaran baru bisa merambah ke bisnis yang lain.

  1. Tidak Menyepelekan dan Meremehkan Keuntungan

Namanya bisnis harus ada profit. Jangan membangun bisnis yang penting manfaat dan berkah. Itu memang harus. Tapi maksudnya di sini adalah keuntungan kecil maupun banyak harus tetap disyukuri. Itu pointnya. Atau dalam kalimat lainnya bersyukur dalam keadaan apapun.

Jika banyak bersyukur Allah akan menambah nikmat kita. Tetapi berlaku juga sebaliknya. Jika kufur nikmat tinggal nunggu adzabnya saja. Misalnya omset masih kecil, padahal bisnis sudah berjalan tahunan. Itu harus tetap disyukuri dengan wajib mencari strategi pemasaran yang pas untuk bisnis Anda.

Poinnya adalah bisnis itu cari untung. Bukan hanya berbagi manfaat. Kalau hanya berbagi manfaat itu namanya sedekah bukan bisnis.

  1. Produk Baru / New Product

Fokusnya Utsman bin Affan adalah menjual atau menciptakan produk yang baru. Tapi produk baru pun juga tidak ngasal aja. Harus ada benefit, fitur dan harus bisa menyelesaikan masalah market.

Misalkan produk anda fashion untuk muslim. Anda harus bisa menciptakan produk – produk baru yang itu bermanfaat untuk orang lain.

  1. Diversifikasi / Gulung profit

Maksudnya adalah hasil dari keuntungan bisnis Anda,  Itu terus dikembangkan dan ditumbuhkan untuk bisnis tersebut atau untuk membangun bisnis yang lain.

Misalkan bisnis fashion sistemnya sudah jalan. Pasti ada profitnya. Nah, profit inilah yang digunakan untuk menciptakan produk atau bisnis baru yang lainnya. Tapi tadi, syaratnya bisnis yang pertama harus mempunyai profit besar dulu.

Jadi bisnis yang bagus itu bukan hanya fokus di satu bidang. Melainkan di banyak bidang. Jadi membangun dan menumbuhkan bisnis dari hasil profit usaha sebelumnya.

Kalau Anda ingin bisnisnya besar, Anda kaya, bisnisnya berkah. Anda harus pelajari polanya. Karena semua bisnis itu ada polanya.

Ada lagi strategi bisnis yang bisa kita pelajari dari sahabat nabi yaitu Abdurrahman bin Auf. Insya Allah akan saya tulis di artikel selanjutnya.

Semoga pola bisnis dari sahabat Utsman ini bisa menginspirasi kita. Terutama para bisnis pemula.

Sumber : satoeasa.com

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top