BMC

MERENCANAKAN PERTAHANAN BISNIS

Di tulisan saya sebelumnya sudah saya sampaikan 5 blok dalam merencanakan bisnis dalam hal uang masuk atau istilahnya blok untuk “menyerang” (ada customer segments, value proposition, promotion and distribution channel, customer relationship dan terakhir revenue stream). Nah, dalam tulisan kali ini saya akan lanjutkan 4 blok lainnya menurut Business Model Canvas (BMC) karangan Alexander Osterwalder, di mana dalam 4 blok terakhir ini berfungsi untuk bagian pertahanan (atau istilahnya bagian bek bertahan). Apa saja itu?

  1. Key Partners

Sebuah perusahaan tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa bantuan atau business partner dari pihak luar atau pihak lain. Dalam hal ini bisa pemasok bahan utama, pelanggan atau mitra bisnis. Pada bagian ini, kamu diminta untuk membuat rencana agar sebuah relasi tersebut akan berjalan ketika bisnismu dieksekusi. Dalam kata lain, key partners ini nantinya akan berisi siapa saja pihak yang bisa diajak bekerja sama untuk mencapai tujuan dari bisnis tersebut.

Adanya key partners ini juga digunakan untuk membantu mendapatkan sumber daya dan mengurangi resiko bisnis perusahaan. Jenis relasi tersebut ada beberapa yang bisa sesuai dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Seperti buyer-supplier relationship, vendor relation, joint ventures, co-branding, co-creation dan strategic alliance.

  1. Key Activities

Agar sebuah perusahaan bisa tetap mengembangkan bisnisnya, maka dibutuhkan sebuah aktivitas yang mendukung produk atau jasa yang ditawarkan tersebut bisa tetap bertahan. Untuk itu, kamu perlu memikirkan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan agar menghasilkan atau menjaga kualitas barang atau jasa. Aktivitas ini juga harus fokus untuk menentukan proposisi nilai, menjaga hubungan dengan pelanggan, menjangkau segmen pelanggan dan bisa menghasilkan pendapatan.

Ada 3 kategori dalam melakukan key activities ini, antara lain :

  • Production, yang berisi mendesain, membuat, hingga menyampaikan produk dengan jumlah yang signifikan dan kualitas yang tinggi.
  • Problem-solving, pada bagian ini kamu diharuskan untuk mencari solusi untuk masalah individu yang dihadapi pelanggan.
  • Platform/tools, pada bagian ini kamu harus membuat dan memelihara platform atau media yang digunakan.
  1. Key Resources

Key resources ini merupakan sumber daya utama yang digunakan untuk membantu agar model bisnis kamu dapat berjalan dengan baik. Model bisnis ini juga menjadi salah satu kunci agar bisa mewujudkan value proposition melalui kegiatan yang akan dijalankan. Sumber daya ini bisa dalam bentuk seperti karyawan, keuangan, intelektual, metode, program (merek, IP, hak cipta) hingga fisik (gedung, inventaris, peralatan).

4. Cost structure

Ketika menjalankan sebuah usaha, perusahaan perlu untuk mengeluarkan biaya untuk menjalankan bisnis tersebut dan mendapatkan keuntungan. Cost structure ini nantinya akan meliputi biaya yang harus kamu keluarkan ketika bisnis berjalan. Misalnya biaya sewa tempat, SDM, biaya platform, listrik, internet dan lain sebagainya.

Guys, Alhamdulillah sudah lengkap ya saya berikan isi dari perencanaan bisnis ini. Blok untuk menyerang alias memudahkan uang masuk dan blok untuk mengelola pertahanan bisnis agar kualitas dan pengeluaran terjaga. Selamat praktik!

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top