bts meal

PELAJARAN KOLABORASI MCDONALD’S X BTS

Belum lama terjadi kehebohan di jagad social media karena kolaborasinya Mc Donald’s (Mc D) dengan boy band BTS. Beberapa waktu kemarin, Mc D mengeluarkan varian baru BTS Meals, yang isinya hanya dibedakan di rasa saos khas ke-Korea-an. Tak bisa dipungkiri di semua outlet Mc D yang ada di Indonesia ramai diserbu driver ojol yang mengantri pesanan dari para fans BTS. Karena memang dari pihak Mc D sendiri membuat ketentuan pemesanan hanya bisa dilakukan secara delivery maupun lewat aplikasi ojol. Tidak heran BTS meals ini diserbu di Indonesia karena memang basis penggemar BTS di Indonesia termasuk paling banyak dan paling loyal. Btw, saya jadi ikut-ikutan bahas Mc D X BTS nih. Hehehe. Lanjut lagi yuks.

Meskipun untuk kolaborasi ini Mc D pusat menggelontorkan nilai kontrak ke BTS tidak kurang dari Rp 128 Milyar lebih, namun jika dilihat dari animo para “Army” (sebutan fans BTS) sepertinya Mc D meraup untung yang fantastis! Dalam tulisan kali ini saya coba memberikan insight buat kamu para pengusaha muslim, pelajaran kolaborasi yang bisa kita petik dan bisa dipraktikan di bisnis kita. Apa saja itu pelajaran kolaborasi Mc D X BTS yang bisa kita ambil jadi tips praktis?

  1. Brand Value

Tidak bisa dipungkiri, Mc D maupun BTS memiliki brand yang menancap kuat di masing-masing konsumennya, apalagi Mc D yang telah puluhan tahun hadir di Indonesia, juga BTS yang sekarang sedang hype di kalangan anak muda. Sehingga kloplah kolaborasi antara dua brand ini yang masing-masing telah menancapkan brandnya dengan sangat kuat ke masing-masing penggemarnya.

  1. Distribution Channel

Baik Mc D maupun BTS masing-masing memiliki saluran distribusi hampir di semua negara di dunia. Mc D yang tersebar di lebih dari 50 negara, maupun BTS yang juga fansnya sudah tersebar ke banyak negara. Mc D sudah memiliki ribuan gerai, ditambah basis penggemar BTS, jadilah sebuah kolaborasi yang klop.

  1. Cross Beneficiaries

Kolaborasi yang mereka lakukan tentunya ingin saling memberikan manfaat secara emosi dan fisik bagi setiap penggemarnya. Dan juga tidak bisa dipungkiri, penggemar Mc D ada yang juga fans setia BTS. Namun ada juga (mungkin) fans BTS yang sebelumnya tidak begitu suka dengan menu makanan Mc D, dengan adanya kolaborasi ini jadilah mereka mencicipi menu yang ada di Mc D. Dari persilangan manfaat ini tentunya masing-masing penggemar dari masing-masing brand akan mendapatkan pengalaman baru dari produk-produk kolaborasi dari yang mereka buat. Infonya sih, kerjasama ini bukan hanya produk BTS meals tapi akan merambah ke merchandise dan produk-produk lainnya.

 

Coba bayangkan, jika antara pengusaha muslim saling kolaborasi terkait tiga hal ini : Brand Value, Distribution Channel dan Cross Beneficiaries tentu masing-masing akan merasakan dampak luar biasa di bisnisnya. Tidak apa-apa mulailah dari kolaborasi sederhana dengan target yang kecil dulu, karena bisnis dan brand yang besar, tentu dimulai dari skala kecil. Bagaimana siap untuk berkolaborasi? Saya doakan bisnismu akan semakin berkembang jika melakukan tips ini.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top