office

PELUANG BISNIS DAN PROFESI RUMAHAN YANG MENDATANGKAN PAHALA DI TAHUN 2022

Saya membuat tulisan ini pas di penghujung tahun 2021, biasanya banyak orang merencanakan kehidupannya di 2022 termasuk dalam hal menaikan tingkat penghasilannya. Banyak orang melakukan demikian mungkin dikarenakan tahun depan ada yang anaknya akan mulai masuk sekolah, belum lagi ada yang mulai mencicil rumah, mobil dan lain sebagainya. Tapi ada juga individu muslim yang taat merencanakan penghasilannya terus naik di 2022 agar bisa menambah nilai sedekahnya di tahun 2022. Namun bagi seorang muslim menjalankan peluang bisnis dan penghasilan tambahan tentunya haruslah didasari dengan niatan menambah peluang dia beribadah sebagai bentuk semakin mendekat kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa peluang bisnis yang bisa kamu lakukan selama di rumah yang saya kutip dari berbagai sumber.

  1. Jasa Fotografi Produk

Dengan semakin banyaknya orang yang belanja dari rumah dan kebutuhan pedagang-pedagang online akan foto produk bisnisnya agar menarik di mata konsumen, maka adanya jasa fotografi produk tentunya dicari oleh mereka. Dengan modal HP beresolusi tinggi disertai skil fotografi yang mumpuni, permintaan foto produk jualan online pasti banyak dicari orang. Yang terpenting kamu selalu update dengan teknik pengambilan produk agar hasil fotonya tetap menarik di mata kilen.

  1. Jasa Suplai Foto

Bagi kamu yang senang memfoto suasana alam terbuka dan pemandangan, mensuplai foto ke beberapa platform seperti shutterstock, adobe stock dan canva. Sekali upload foto yang menarik, maka kamu tinggal menunggu fotomu dibayar oleh orang-orang yang mendowloadnya berkali-kali.

  1. Reseller/Dropshipper Produk

Semakin mudahnya akses internet ditambah hampir 2 tahun pandemik melanda negeri ini, peluang usaha menjualkan produk orang lain banyak pilihan di berbagai platform. Bagi kamu yang ingin berbisnis namun tanpa modal, mengambil peluang jadi reseller atau dropshipper bisa menjadi pilihan. Pilih produk-produk yang akan kamu jual yang memang sesuai dengan segment konsumen yang kamu punya. Sebagai pemula, mulailah dari produk yang tidak ribet dari segi proses bisnisnya.

  1. Jasa Pembuatan Artikel

Sebagian besar perusahaan startup memanfaatkan konten untuk memasarkan produk, salah satunya artikel. Tidak heran jika peluang akan jasa pembuatan artikel jadi melonjak. Kalau kamu memiliki modal yang cukup, sekalian saja mendirikan agensi pembuatan artikel. Bayaran tiap pesanan artikel dapat dibagikan kepada para penulis sesuai dengan sistem yang telah didiskusikan bersama. Semakin bagus dan sesuai artikel kita denga napa yang diminta oleh perusahaan, semakin sering artikel kita diminta oleh mereka.

  1. Konsultan Digital Marketing

Semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia tentu berdampak positif dengan semakin bertumbuhnya bisnis-bisnis UKM yang membutuhkan teman diskusi untuk mengembangkan kanal digital mereka. Dengan kita bermodal pengalaman dan pengetahuan di bidang digital, tentu kita akan semakin mudah melayani klien-klien UKM yang membutuhkan jasa kita.

  1. Jasa Admin Media Sosial

Saat ini pekerjaan sebagai admin media sosial banyak dicari. Seorang admin media sosial harus memiliki beberapa kemampuan seperti update terhadap tren, memiliki ide kreatif, bisa berkomunikasi dengan baik, dan yang pasti pengguna aktif media sosial. Admin media sosial tidak hanya soal menata media sosial menjadi lebih rapi dan teratur tapi juga harus membuat konten yang relevan dan menarik untuk followers-nya. Bisnis ini dapat menjadi pilihan untuk Anda yang memang aktif dan mencari pekerjaan yang berurusan dengan media sosial.

  1. Jasa Facebook Ads

Dengan terus tumbuhnya pengguna facebook di Indonesia, tentunya banyak orang yang tidak mau ribet mengiklankan produknya di platform ini. Jika kamu memiliki kemampuan mengiklankan produk sesuai segment-nya, maka menjadi agensi facebok ads menjadi pilihan menarik untuk dijalankan. Cukup bermodal kemampuan beriklan, wifi dan laptop/smartphone, kerjaan kamu ini bisa dilakukan di rumah saja.

  1. Katering Rumahan

Menjalankan usaha kuliner seperti katering bisa menjadi pilihan untuk ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilan. Kegiatan bisnis katering kecil-kecilan dapat dilakukan di rumah bersama dengan keluarga. Kamu tidak perlu keluar uang untuk biaya sewa tempat dan hanya perlu modal untuk bahan makanan saja. Memasarkannya pun cukup dengan modal jaringan yang kamu punya di whatsapp, Instagram dan facebook.

  1. Cemilan Kue dan Pastry

Membuka bisnis di bidang kuliner memang tidak ada habisnya. Salah satu turunan bisnis kuliner yang banyak digemari saat ini adalah bisnis pastry. Adanya tren camilan semakin menaikkan pamor bisnis ini, belum lagi dengan segala inovasi kue-kue kreatif saat ini yang banyak digemari oleh anak muda. Bisnis ini dapat dilakukan dirumah sehingga mengurangi biaya untuk sewa tempat. Modal yang diperlukan hanya untuk membeli bahan membuat kue. Bisnis kue kecil yang semakin berkembang dapat berubah menjadi usaha franchise dengan ratusan outlet.

  1. Sewa Akun Zoom

Banyaknya orang yang melakukan rapat dan pelatihan secara online melalui zoom, maka jasa penyewaan akun zoom ini bisa mendatangkan penghasilan untuk kamu. Stok akun zoom mulai dari 100 partisipan sampai 1000 partisipan bisa kamu jalankan sebagai tahapan awal memulai jasa penyewaan akun zoom ini.

  1. Operator Webinar

Di masa pandemi yang masih akan berlangsung hingga tahun 2022, tentu kebanyakan lembaga melakukan pelatihan dan event dalam format webinar. Pelaksanaan webinar membutuhkan operator agar selama kegiatan berlangsung tidak terjadi kesalahan-kesalahan teknis.

  1. Jasa Desain Grafis

Era digital tentunya bersamaan dengan banyaknya kebutuhan poster visual. Bagi pelaku bisnis online, poster visual memiliki peranan penting bagi kesuksesan bisnis online yang dilakukan. Agar mendapatkan poster yang bagus tentu dibutuhkan peran desainer grafis. Mengambil peluang menjadi desainer grafis menjadi profesi rumahan yang dapat mendatangkan penghasilan kapan saja dan di mana saja.

  1. Jasa Video Editing

Selain agensi yang menyediakan jasa pembuatan artikel, mendirikan agensi pembuatan video bukan hal yang mustahil. Agensi pembuatan video pun mempunyai pangsa pasar yang sangat luas karena berhubungan marketing. Dari bisnis kecil, event organizer bahkan perusahaan besar juga memiliki kebutuhan akan penyedia jasa yang satu ini.

  1. Kelas Online

Makin ke sini, makin banyak bermunculan event workshoponline course sampai bootcamp online. Kelas online ini semakin menjamur lagi saat pandemi melanda. Jika kamu memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih dalam suatu hal, di sinilah peluang bagi kamu terbuka lebar. Kamu dapat mengadakan kursus online sesuai dengan bidang yang dikuasai. Misalnya, online course tentang pajak, kursus online untuk meningkatkan skill SEO, dan lain sebagainya.

  1. Jasa Copywriting

Profesi copywriter juga makin mengarah menuju tren yang semakin positif. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kebutuhan terhadap skill kepenulisan dan branding yang semakin meningkat. Sebelum mulai memasarkan skill copywriting, kamu terlebih dulu harus banyak berlatih menulis agar memiliki portofolio yang dapat meningkatkan kepercayaan calon klien kamu.

Demikian tadi Amazing People, inspirasi bisnis dan pekerjaan yang dapat kamu lakukan di rumah serta mendatangkan peluang pahala. Selamat mencoba!

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top