Featured_Manfaat-Yakult-Pencernaan-Sehat-dan-Imun-pun-Kuat

RAHASIA EKSISNYA YAKULT

Siapa yang tidak kenal produk Yakult, iklannya sering bertebaran di televisi. Yang saya ingat sampai sekarang adalah slogan dari Yakult itu sendiri, yaitu “Sayangi Ususmu”. Saya sendiri memang merasakan manfaatnya minum Yakult, juga istri saya. Maka sampai sekarang saya dan keluarga sering stok Yakult di lemari es rumah. Hehehe. Nah dalam artikel kali ini, saya akan bahas produk legendaris ini, Yakult. Ayo siapa pembaca di sini yang dari kecil sampai sekarang masih mengkonsumsi yakult?

Berdasarkan sumber dari Wikipedia, Yakult (ヤクルト Yakuruto) adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei. Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Namanya berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk “yoghurt”. Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. (株式会社ヤクルト本社 Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha) (TYO2267) untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemotrapi irinotecan. Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di JepangAsiaAustraliaAmerika Latin, dan Eropa, walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.

Beralih ke Indonesia Yakult yang berasal dari negeri Matahari Terbit ini melebarkan sayap di bawah bendera PT. Yakult Indonesia Persada berdiri sejak tahun 1991 di Indonesia sebagai pemegang lisensi dari Yakult Honsha Co. Ltd., Jepang. Bersama dengan perusahaan Yakult di seluruh dunia, Yakult Indonesia berusaha untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan bahagia.

Dalam tulisan kali ini saya coba kupas strategi Rahasia apa yang bisa membuat mereka tetap eksis di Indonesia sampai sekarang? Dari pengamatan saya, ada tiga rahasia yang membuat mereka tetap eksis sampai sekarang :

  1. Kualitas dan komunikasi produk mereka selaras sampai ke konsumen, janji yang mereka tawarkan tidak muluk-muluk, menjanjikan manfaat untuk badan dan usus agar sehat selalu dan ternyata memang konsumennya masih banyak eksis sampai sekarang.
  1. Awal-awal kemunculan Yakult di tahun 1991an mereka gencar iklan di televisi, di mana kita ketahui sasaran market Yakult memang menjadi minuman keluarga Indonesia. Dan kita lihat sekarang terbukti berhasil di mana tiap harinya mereka memproduksi hampir 10 juta botol. (https://industri.kontan.co.id/news/yakult-indonesia-persada-terus-ekspansi-pabrik-dan-distribusi).
  1. Fenomena Yakult Lady sebagai sales door to door ke rumah-rumah tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu pilar keberhasilan Yakult dalam memasarkan produknya hingga lebih dari 6 juta botol per pekannya. Dan jumlah Yakult Lady yang beredar di Pulau Jawa, Bali dan Sebagian Sumatera sejumlah hampir 10ribu perempuan ikut andil mendukung keberhasilan penjualan produk mereka. Strategi penjualan ini diikuti juga oleh brand lain seperti Cimory. (https://fajar.co.id/2020/04/28/yakult-dan-niat-mulia-shirota/?page=all).

Nah sekarang kita diskusi di kolom komentar blog ini yuks. Siapa di antara kamu yang model bisnisnya mirip Yakult ini dan siap meniru dan memodifikasi strateginya? Lalu, apa yang menyebabkan mereka tetap eksis meskipun desain kemasannya gak pernah berubah dari awal kemunculan sampai sekarang? Yuk isi kolom komentarnya!

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top