alun

SHARING FOR CARING

Beberapa hari yang lalu tepatnya Ahad, 27 Juli 2021, saya mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada 20 perwakilan pimpinan lembaga dan UMKM Se-Sukabumi yang diinisiasi teman saya owner Jayawangi Farm. Dalam kesempatan sharing tersebut yang berlangsung dari jam 09.00-15.30 WIB saya berbagi seputar membangun pondasi organisasi dan bisnis mulai dari menemukan DNA bisnis, visi, misi, nilai inti dan slogan lembaga. Peserta antusias karena format sharing memang benar-benar sharing di mana saya lebih menggali interaksi dengan para peserta. Sebenarnya saya juga mencari inspirasi dari para peserta, karena bagi saya mengajar dijadikan sarana sebagai belajar. Hehe.

Alhamdulillahnya peserta sharing yang hadir dari berbagai skala lembaga ataupun bisnis mulai dari yang levelnya baru dikerjakan sendiri sampai ada yang telah mengelola 1000 siswa dan ratusan guru di dalam lembaganya. Serunya saat sharing ada peserta yang akhirnya menemukan sisi “heroik” dari DNA lembaganya, di mana owner ini yang bernama Pak Udin memiliki program perkebunan vanili yang dikerjakan sudah 20 tahun. Saya arahkan Pak Udin agar menjadikan vanili sebagai potensi utama mengharumkan nama Sukabumi di kancah nasional. Dari hasil diskusi akhirnya ketemu bahwa Pak Udin akan menjadikan Lembaga yang dia Kelola menjadi sentra percontohan vanili di Indonesia. Amazing kan?

Ada lagi salah satu peserta yang merupakan teman kuliah saya di IPB University, bernama Arif Supendi bersama temannya Kang Koko Komara. Mereka sedang menjalankan bisnis yang akan membangun ekosistem UMKM agar sama-sama bisa bertumbuh. Saya bantu Arif dan Koko menggali lagi bahwa bisnis yang mereka bangun bisa saja menjadi ekosistem “scale up” bagi UMKM se-Jawa Barat, tidak hanya Sukabumi. Peserta lainnya ada Bu Dedeh, salah satu pengelola Lembaga Pendidikan dan Pondok Pesantren gratis Al Hamidiyah Sukabumi yang saat ini sudah beroperasi dari jenjang TK-SMA sedang mendidik 1000 siswa di sekitar Desa Bojong Genteng, Sukabumi. Saya kasih tantangan, jangan berpuas hanya dengan satu Lembaga Perguruan Al Hamidiyah, tapi lanjutkan terus bangun 1 Kecamatan ada 1 Perguruan Al Hamidiyah dan terus tersebar ke seluruh Sukabumi.

Sesi sharing ditutup dengan komitmen bersama bahwa angkatan pertama ini menjadi pionir awal tempat belajar bersama agar semua pemilik Lembaga dapat terus mengembangkan Lembaga yang mereka kelola. Dan tidak hanya itu, akan menjadikan peserta Angkatan pertama ini “menularkan” semangat belajar dan berbagi bagi semua Lembaga Pendidikan dan UMKM yang ada di Sukabumi sebagai bentuk peduli terhadap sesama anak negeri. Karena Sharing for Caring. Wallahu’alam bi shawab.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top