STRATEGI MELESATKAN BISNIS DI ERA PANDEMI

Strategi Ampuh Tingkatkan Peluang Bisnis di Era Digital | frenavit.com

Oleh : Hadi Azis Pratama | Co-Founder Amazing Group, Ketua Yayasan Cinta Quran Global

 

          Amazing People, tidak terasa wabah pandemi covid-19 ini telah hampir 5 bulan ini memberikan dampak luar biasa bagi pelaku usaha di Indonesia. Banyak sektor usaha mati akibat serbuan wabah pandemi ini, bahkan menurut Yuswohadi, seorang Konsultan Pemasaran dikutip dari situs berita online Suara.com ada 11 jenis bisnis yang tutup sementara akibat Covid-19, diantaranya : hotel, money changer, tempat fitness/gym, produksi film, bioskop, mal, maskapai penerbangan, property, wedding organizer, bisnis kapal pesiar dan agen travel. Tidak hanya menerpa sektor usaha, dampak wabah pandemi ini pun mengakibatkan 15 juta penganguran baru akibat PHK yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang terdampak covid-19 (informasi bersumber dari KADIN dimuat di Republika.co.id). Bahkan perusahaan-perusahaan besar seperti Pizza Hut di kantor pusatnya di Amerika Serikat menyatakan pailit, brand ternama Zarra pun menutup 1200 gerainya yang tersebar di seluruh penjuru dunia akibat wabah covid-19 ini. Akibat hebat dari covid-19 ini pun tidak hanya dialami pelaku usaha level menengah hingga korporasi, bahkan pedagang kecil di pinggir jalan, penarik becak hingga tukang-tukang ojek merasakan dampak wabah pandemi ini. Meskipun saat ini beberapa bisnis yang di awal covid-19 menerjang Indonesia tutup sementara, sekarang mulai beroperasi meskipun dengan protokol kesehatan yang ketat.

            Kita sebagai pelaku usaha seharusnya semakin melek melihat badai covid-19 yang dahsyat ini dan tidak boleh berdiam diri sehingga bisnis kita pun akan mengalami dampak yang sama dengan usaha-usaha yang disebutkan tadi. Karena jika kita dapat mempertahankan atau bahkan bisa melesatkan bisnis kita dari era wabah pandemi ini akan banyak dampak positif yang akan kita rasakan. Diantaranya :

 

  1. Mental perjuangan bisnis kita akan semakin terasah

              Selepas covid-19 ini ke depannya akan muncul pengusaha-pengusaha yang tangguh dan berjuang habis-habisan mempertahankan bisnis dan bahkan menumbuhkan bisnisnya. Pengusaha yang berhasil keluar dari badai covid-19 sudah dipastikan mental dan ketangguhannya tidak bisa diragukan lagi.

 

  1. Karyawan kita tertolong mata pencahariannya

                Jika kita dan tim di bisnis kita sama-sama berjuang untuk keluar dari wabah pandemi ini, insya Allah karyawan yang menggantungkan mata pencahariannya dengan bekerja di tempat kita akan banyak tertolong.

 

  1. Menambah dosis sabar dan syukur

                 Tidak bisa dipungkiri keberadaan makhluk tak terlihat ini, covid-19 membuat kita pelaku usaha semakin menambah dosis kesabaran dan rasa syukurnya. Seperti yang Allah SWT sampaikan dalam Alquran dan inspirasi dari Hadits Rasulullah SAW, sangat beruntungnya seorang muslim ketika adanya musibah itu menjadi kebaikan bagi dirinya ketika dia menyikapinya dengan sabar dan juga mensyukuri karunia ketika beroleh kenikmatan.

Alangkah mengagumkan keadaan orang yang beriman, karena semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), dan ini hanya ada pada seorang mukmin; jika dia mendapatkan kesenangan dia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan baginya, dan jika dia ditimpa kesusahan dia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan baginya” (HR. Muslim).

 

Dalam QS Lukman ayat 31 Allah SWT berfirman :

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur
Jadi ketika kita bersungguh-sungguh menjalankan bisnis kita bahkan hingga bisa melesat menorehkan profit yang besar maka itu akan banyak mendatangkan peluang kebaikan bagi diri kita serta tentunya akan menjadi bekal yang akan kita bawa ke akhirat kelak.

 

                 Lalu strategi apa yang bisa kita lakukan agar kita bisa melesatkan bisnis kita hingga semakin memberikan manfaat yang luas bagi orang banyak? Berikut ini jurus-jurusnya yang akan saya bagi menjadi 2 jurus utama, yaitu : Jurus Bumi dan Jurus Langit.

  1. Jurus Bumi

                   Sebagai bentuk ikhitar terbaik kita melakukan jurus bumi ini tentunya harus dibekali analisa dan eksekusi yang tepat. Jangan bosan-bosan untuk banyak mencoba dan mengevaluasi. Agar lebih mudahnya dari segi aspek eksekusi di Jurus bumi ini saya bagi 3 strategi eksekusinya :

  • Pivot

                  Bagi Amazing People yang hobi bermain basket tentu tidak asing dengan istilah Pivot. Dalam basket Pivot ini bisa diartikan berpindah sementara dengan masih berpijaknya satu kaki lainnya dari DNA bisnis utamanya. Ya dalam strategi bisnis, di aspek eksekusi Pivot ini bisa dilakukan sebagai contoh pebisnis konveksi bisa melakukan Pivot dengan sementara beralih menjadi penjahit masker batik, atau masker modis. Jika ada pebisnis kosmetik, untuk sementara menggunakan sumber daya yang ada melakukan peralihan sementara (Pivot) memproduksi hand sanitizer spray ataupun gel.

  • Inovasi

                  Strategi berikutnya kita bisa melakukan inovasi terhadap produk yang kita jual. Misalnya bagi pelaku bisnis kuliner, bisa meng-create produk yang siap makan (ready to eat) dan makanan beku (frozen food). Di bidang bisnis Event Organizer yang saya lakukan beberapa waktu lalu bersama tim bisa saja membuat event-event online menemani liburan sekolah anak dengan kursus online tematik seperti smartphone photography, videografi dsb yang itu bisa dilakukan online dibantu aplikasi zoom.

  • Change

                  Strategi yang terakhir ini dari Jurus bumi bisa kita lakukan merubah total model bisnis kita dari yang tadinya berbisnis travel beralih menjadi pedagang sembako hingga berjualan cemilan yang bisa didelivery. Dan di masa pandemi ini pasti orang malas keluar dan ketika kita ambil peluang tersebut tentunya akan mendatangkan profit yang menggiurkan.

 

  1. Jurus Langit

                    Amazing People, mau seberapa hebatnya strategi dan otak kita, sebagai muslim tentunya kita butuh pertolongan Allah SWT agar hadir di saat wabah pandemi ini. Maka dari itu, Jurus Langit ini tidak boleh absen dari kamus strategi kita. Apa saja itu?

  • Ibadah

                    Kondisi wabah ini justru menjadikan kita pelaku usaha semakin gencar menguatkan ibadah sunahnya seperti puasa Senin-Kamis atau bahkan puasa Daud, Sholat Tahajjud dan Dhuhanya diperbanyak, belajar ilmu-ilmu agama dan masih banyak lagi

  • Sedekah

                    Kita semua tentu sepakat dengan hadits Rasulullah SAW : “Sedekah itu menolak bala”. Nah di masa pandemi inilah saatnya kita mengundang pertolongan Allah SWT dengan memperbanyak sedekah. Seperti yang banyak dilakukan pengusaha muslim melakukan kegiatan sosial dan sedekah menolong orang lain. Dan tidak sedikit juga bisnisnya tumbuh dengan melakukan jurus langit ini.

  • Mengajak Kebaikan

                    Seperti yang tercantum dalam hadits Rasulullah SAW : “Barangsiapa yang menunjukkan kebaikan, makai a akan mendapatkan pahala seperti orang yang melakukannya”. Pas sekali hadits ini kita praktikan sebagai jurus bumi dengan banyak mengajak orang lain melakukan kebaikan, mengadakan majelis ilmu online agar banyak muslim yang semakin tercerahkan dengan khasanah keislaman yang luas ini.

 

           Itu tadi sedikit strategi, tips dan trik yang bisa Amazing People lakukan untuk melesatkan bisnisnya di masa pandemi ini bahkan hingga setelah pandemi. Tentu saja sambil kita melakukan jurus-jurus tadi jangan lupa untuk mendoakan negeri ini agar segera Allah SWT angkat wabah ini dan kita semua terhindar dari wabah sehingga bisa terus menggerakan amal kebaikan dan menebarkan dampak positif bagi orang banyak. Semoga Allah SWT meridhoi segala aktivitas yang kita lakukan. Wallahu’alam bii showab. (HAP)

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : https://bit.ly/findtheamazingyou

Mau ikutan giveaway berhadiah buku Find The Amazing You? Klik link berikut ini : https://bit.ly/giveaway100bukuftay

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top