STRATEGI PROMOSI SEKOLAH DI ERA PANDEMI

Oleh : Hadi Azis Pratama

Muslimpreneur, Marketer dan Penulis Buku

IMG_20180814_092425Setiap masuk awal tahun, pastinya tiap sekolah swasta yang ada di Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan rekrutmen siswa baru atau istilahnya masa PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Ketika strategi promosi yang dilakukan dipersiapkan dan dilakukan dengan baik, pasti akan berimbas pada melonjaknya jumlah siswa yang mendaftar ke sekolah tersebut, namun jika sebaliknya, maka siswa yang mendaftar akan tidak maksimal atau bahkan tidak ada siswa sama sekali.

Promosi seperti apa yang kira-kira efektif bagi pihak sekolah swasta agar rekrutmen siswa berjalan maksimal? Berikut saya berikan ada 3 cara memaksimalkan strategi promosi agar siswa yang mendaftar akan memenuhi kuota kelas yang saya singkat menjadi KPK (Kurikulum berdampak, Potongan harga dan Kanal promosi).

 

  1. Kurikulum Berdampak

Guys, kunci agar sekolah tersebut tetap dipercaya oleh orang tua murid (OTM) kunci utamanya adalah di keunikan kurikulum yang memberikan dampak positif kepada siswa yang mereka percayakan kepada pihak sekolah. Jika kurikulum ini menjawab kebutuhan orang tua murid sesuai jenjangnya (TK, SD, SMP dan SMA) maka mereka akan dengan sukarela mengajak orang terdekatnya untuk bersekolah di tempat Anda.

 

  1. Potongan Harga

Di masa pandemi ini di mana sekolah akan banyak meniadakan kegiatan yang diadakan di lapangan untuk mengasah eksplorasi dari murid tersebut, maka seharusnya secara langsung mengurangi biaya kegiatan sehingga biaya sekolah yang ditawarkan ke calon orang tua murid seharusnya bisa dipangkas di bawah normal sebelum masa pandemi. Secara umum yang mudah diutak-atik agar biaya pendidikan bisa dipangkas dalam hal biaya kegiatannya. Jika calon orang tua murid melihat tawaran dari sekolah Anda di bawah biaya biasanya, maka dia akan mendaftarkan anaknya di sekolah Anda.

 

  1. Kanal Promosi

Seberapa kerennya kurikulum dan juga isi dari materi promosi jika tidak terdistribusi di kanal yang tempat ke banyak calon OTM, maka tidak akan ada siswa yang mendaftar ke sekolah Anda. Di era digital ini, kanal promosi semakin mudah dan hampir dibilang minim biaya bahkan tanpa biaya. Kanal Promosi yang bisa Anda gunakan dan di sanalah calon OTM yang Anda tuju berada biasanya di beberapa kanal ini : whatsapp, Instagram dan facebook. Terus tes dan ukur dampak dari materi promosi yang Anda buat, insyaa Alloh Anda akan menemukan pola yang tepat.

 

Amazing people, itu tadi tips yang bisa saya berikan untuk Anda yang memiliki lembaga sekolah. Selamat mencoba dan semoga Alloh SWT memberikan kemudahan dan keridhoan atas aktivitas yang telah serta sedang kita lakukan.

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top