THE POWER OF COLLABORATION

Oleh : Hadi Azis Pratama

Muslimpreneur, Marketer dan Penulis Buku

            Dalam dunia bisnis dan profesional pastinya tidak asing dengan istilah kolaborasi. Ya, memang dalam masa pandemi sekarang agar perusahaan maupun bisnis kita bisa terus bertahan dan tumbuh haruslah kita lakukan yang namanya kolaborasi. Kolaborasi dalam dunia bisnis dan pekerjaan saat masa sekarang adalah hal yang biasa. Lalu apa sih kolaborasi itu?

            Kolaborasi adalah suatu bentuk interaksi, diskusi, kompromi, kerjasama yang berhubungan dengan individu, kelompok atau beberapa pihak lainnya, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Selain itu, kolaborasi artinya memiliki nilai-nilai yang sama dan kuat untuk mencapai suatu goals secara efektif dan efisien. Misalnya, memiliki arah tujuan yang sama, persamaan persepsi, persamaan untuk saling berkompromi, tekad untuk mencari solusi bersama-sama, dan lain sebagainya.

            Berbicara kolaborasi, sudah dilakukan sejak zaman Rasulullah SAW dan para sahabat loh. Coba kita buka Kembali sejarah para Rasul dan sahabat terdahulu, apakah beliau semua memiliki kekuatan yang sama? Tentu tidak bukan? Antara sahabat yang satu dengan yang lainnya saling berkolaborasi sehingga kemuliaan agama Islam ini sampai ke diri kita dan menginspirasi kita sebagai panduan hidup kita.

             Dalam buku yang ditulis oleh Vera John-Steiner dengan judul “Kolaborasi Kreatif” diceritakan dalam buku tersebut bagaimana kesuksesan yang dimiliki orang-orang dulu seperti Pablo Picasso dan Albert Einstein sangat dipengaruhi oleh kolaborasi dengan orang-orang di zaman mereka. Kolaborasi juga masih diperlukan sampai sekarang. Terlebih lagi, perkembangan teknologi semakin mempermudah kita untuk bisa saling berkolaborasi dengan menggunakan kemajuan teknologi yang ada.

             Karena pentingnya kolaborasi dalam dunia bisnis dan pekerjaan, di lembaga saya : Cinta Quran Learning (www.cintaquran.com), Cinta Quran Foundation (www.cqfoundation.or.id) dan beberapa unit usaha di dalamnya pun saya lakukan kolaboraksi dengan pihak luar. Di tempat kami sering melakukan kolaborasi dengan instansi, Rohis perkantoran, majelis taklim dan berbagai komunitas yang satu frekuensi untuk saling mendukung satu dan lainnya mencapai tujuan lembaga masing-masing. Kolaborasi bisa terjadi jika dua potensi kekuatan yang berbeda dilebur menjadi satu demi memuluskan tujuan masing-masing lembaga atau individu.

              Lantas, bagaimana agar kita bisa melakukan kolaborasi yang efektif dan berdampak dahsyat bagi kedua belah pihak? Berikut saya berikan tipsnya yang saya rangkum dari berbagai sumber.

  1. Niat

             Tentunya setiap aktivitas yang dilakukan haruslah berdasarkan niat baik dari masing-masing pihak. Seperti yang pernah Rasulullah SAW sampaikan dalam haditsnya : “Setiap Tindakan harus diawali dari niat. Dan tiap manusia akan mendapatkan sesuai dengan yang diniatkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Niat ini demikian penting, jika niatan kedua belah pihak adalah untuk memberikan dampak positif dan bisa membantu banyak orang, maka itu akan menjadi kebaikan bagi kedua belah pihak yang berkolaborasi dan insyaa Allah akan menjadi amal jariyyah bagi kedua belah pihak.

  1. Tujuan

             Tentu masing-masing pihak punya tujuan yang berbeda, namun dengan kolaborasi, tiap lembaga akan saling terbantu mendapatkan tujuan masing-masing. Meskipun kita tahu, kolaborasi yang terjadi ini berangkat dari potensi dan tujuan berbeda, namun di balik itu semua masing-masing pihak yang berkolaborasi bisa melihat kesamaan dari perbedaan tersebut.

  1. Manfaat

             Kita sebagai muslim, tentunya landasi kolaborasi yang akan dilakukan ini semata-mata memberikan banyak manfaat bagi orang banyak dan bagi lingkungan. Dari manfaat yang timbul itulah insyaa Allah akan menjadi jariyyah besar yang akan kita bawa Ketika nanti kita meninggal dunia. Selain itu masing-masing dari kita tentunya ingin menjadi manusia terbaik yang memberikan manfaat. Seperti dalam hadits Rasulullah SAW : “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya” (HR. Ahmad)

             Amazing People, itu tadi inspirasi tentang pentingnya KOLABORASI. Jika Anda ingin tahu lebih detail langkah efektif berkolaborasi, silakan bisa didapatkan di buku perdana saya yang berjudul “Find The Amazing You”. Jika Anda sudah mendapatkan inspirasinya agar ilmu ini berbuah pahala bagi Anda, pasti dong harus dibarengi dengan praktik dalam bisnis dan pekerjaan Anda. Siap praktik sekarang juga?! (HAP)

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Mau ikutan giveaway berhadiah buku Find The Amazing You? Klik link berikut ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top