Kunci-Sukses-Membangun-Usaha-dari-Nol

TIPS MEMULAI BISNIS BAGI PEMULA

Dunia bisnis sampai saat ini menjadi bidang yang banyak diminati generasi muda hingga generasi menjelang masa pensiun. Alasan mereka jika menjalani bisnis akan banyak kebebasan waktu dan kebebasan finansial. Tapi pertanyaan saya, apakah iya? Bisa iya, bisa tidak. Tergantung Tindakan kita ketika menjalankan bisnis apakah memang kita menyiapkan sistem bisnis yang mendukung harapan kita agar bebas waktu dan bebas fiansial. Kalo pendapat saya, bebas waktu dan bebas finansial di sini adalah bebas dalam mengatur waktu kapan kita mengurus waktu kita, kapan kita beraktivitas untuk memenuhi hobi kita. Sedangkan bebas finansial di sini kita bebas mau menset pemasukan kita di angka single digit milyar atau triple digit milyar. Hehe. Tapi apapun itu, literally kembali kepada target dan passion masing-masing.

Dalam tulisan kali ini, saya akan berbagi kepada kamu yang baru lihat-lihat pelung bisnis atau baru ingin memulai bisnis atau bingung mau bisnis apa? What ever that yang kamu mau mulai lakukan, berikut ini saya akan berikan tiga tips bagaimana memulai bisnis bagi pemula. Simak terus ya guys..

 

  1. Mulai dari Masalah dan Kebutuhan Orang

Pasti di balik masalah, ada solusi, di balik masalah pasti ada peluang. Jika kita mulai dari mencari solusi atas masalah, maka di situ aka nada peluang bisnis. Contohnya : Apa yang dilakukan Gojek mereka melihat suatu masalah di mana orang ingin naik ojek yang nyaman, bersih dan gak pake ribet. Maka ditemukanlah solusi Gojek. Misal di kalangan ibu rumah tangga, ada masalah di tengah pandemi begini orang malas mengolah bumbu masak, maka munculah beberapa produk bumbu siap olah dengan masakan, hingga mulai bermunculannya makanan siap santap/ready to eat, tinggal dihangatkan dan menjawab “kemalasan” emak-emak tadi di mana dengan mudah dan praktis bisa menyajikan makanan di atas meja makannya. Catatan penting di bagian ini, jangan ada satu pola pikir di mana memulai itu selalu dari produk yang keren. Kalau produk keren tapi tidak dibutuhkan orang, ya buat apa juga ya.

 

  1. Mulai dari yang Tidak Perlu Modal Besar dan Langsung Menghasilkan

Seringkali penyakit pebisnis pemula itu beralasan tidak bisa mulai bisnis karena tidak punya modal, harus cari investor. Padahal tidak begitu juga, di era digital sekarang sudah banyak kok bisnis yang bisa dimulai dari modal handphone dan jejaring kontak yang kita miliki. Mulai saja dari menjadi reseller atau bantu menjualkan produk teman, tentunya produk dan skema bisnisnya harusnya skema bisnis yang sesuai syariat, agar hasilnya pun akan jadi keberkahan bagi kita. Dengan pola reseller, selain lebih mudah dan tidak perlu modal banyak, tentunya langsung menghasilkan cuan.

 

  1. Mulai Sekarang Juga, Jangan Menunda

Jika memang kamu sudah ada keinginan kuat memulai bisnis, ya mulai saja sekarang juga. Sambal jalan nanti bisa sambil mikir dan menyempurnakan bisnis kita kok. Karena ada kejadian seorang pengusaha senior yang dia dapat curhatan dari temannya yang sampai sekarang tidak juga punya bisnis karena kelamaan eksekusi dan kelamaan mikirnya. Hehe.

 

Guys, semoga tips singkat dan ringan tadi bisa memberikan inspirasi dan gambaran bagaimana memulai bisnis. Selamat berbisnis!

 

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top