TIPS PROMOSI DENGAN KAIDAH AISAS

Oleh : Hadi Azis Pratama

Muslimpreneur, Marketer dan Penulis Buku

                       Amazing People, era digital sekarang di mana internet aksesnya semakin cepat sehingga cara berpromosi tentunya semakin mudah. Jadi tidak boleh sering beralasan mau promosi bisnis itu sulit, takut tidak laku, takut tidak ada yang beli dan lain sebagainya. Apalagi cara berpromosi sekarang semakin mudah dengan banyak dukungan aplikasi yang tersebar di HP Anda.

                      Selain dengan dukungan teknologi, secara pondasi kaidah berpromosi akan semakin memberikan dampak kepada bisnis Anda adalah dengan Kaidah AISAS. Memang sih kesannya jadul atau “old school”, tapi sebenarnya jika digunakan saat sekarang masih berefek juga lho. AISAS itu jika dijabarkan adalah Attention, Interest, Search, Action and Share. Berikut ini penjabaran detail tentang Kaidah AISAS secara praktis dan sederhana yang dapat menaikan dampak bisnis Anda.

  1. Attention

                      Tips pertama ini adalah Anda haruslah membuat kalimat pembuka yang menggiring pembaca penasaran dengan kalimat-kalimat berikutnya. Sehingga calon target audience akan terpengaruh dan akhirnya menjadi konsumen Anda. Contoh Attention yang menarik dan menggugah, misalnya : DAPATKAN JURUS RAHASIA TEMBUS 1 MILYAR PERTAMA ANDA DENGAN STRATEGI INI! Atau contoh lainnya ADA RATUSAN JUTA ORANG DI LUAR SANA GALAU DENGAN POTENSI DIRINYA DAN AKHIRNYA SALAH JURUSAN HINGGA SALAH KARIR! SEMOGA BUKAN ANDA SALAH SATUNYA!

  1. Interest

                       Tips berikutnya adalah Interest, buat narasi promosi Anda yang membuat calon konsumen Anda tertarik terus membacanya hingga akhirnya membeli produk Anda. Contoh membuat interest dalam promosi bisnis Anda bisa dengan visual yang menarik, bisa juga dengan menyisipkan testimoni dari relasi atau tokoh, galeri-galeri foto yang terkait bisnis Anda.

  1. Search

                       Bagian tips ini adalah buat produk atau bisnis Anda mudah dicari informasi lengkapnya jika calon konsumen Anda saat itu belum langsung membeli produk Anda. Pencantuman informasi ini agar mudah dicari bisa dengan website, Instagram atau akun facebook Anda. Buat akun informasi yang Anda tuju ke calon target konsumen Anda semudah mungkin digunakan oleh mereka, jangan buat sulit orang mencari informasi tentang produk Anda.

  1. Action

                       Agar calon konsumen Anda mudah take action buat teknis call to action yang mudah mereka gunakan. Ada beberapa cara agar calon konsumen Anda mudah membeli produk Anda. Bisa dengan whatsapp business dan bisa juga menggunakan google form agar data konsumen Anda langsung bisa Anda rekap.

  1. Share

                       Era digital sekarang ini mengharuskan narasi isi promosi Anda haruslah yang shareable (bagus untuk disebarkan). Tips agar promosi produk Anda layak disebar, haruslah menyentuh kebutuhan calon konsumen Anda, cara lainnya adalah bisa dengan menambahkan gambar visual yang menarik, atau isi promosi yang lucu dan menggelitik bagi orang yang melihatnya.

                        Mudah kan tips membuat promosi yang akan berdampak bagi produk Anda? Agar bisa terlihat dampaknya ya harus segera dipraktikan dan dievaluasi sampai sejauh mana dampaknya? Selamat mencoba dan semoga berhasil! (HAP)

Dapatkan buku Find The Amazing You dengan klik link ini : Klik

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top